|
home>negara>

Peluang Kerja

A. Profil Negara

Ibukota Amsterdam
Lokasi dan Geografi

Belanda: Nederland ['ne:der lant] adalah sebuah negara peserta kerjaan Belanda, yang terdiri dari dua belas provinsi di Eropa Barat Laut, dan tida pulau di Karibia. Kata Belanda dalam Bahasa Indonesia adalah pinjaman yang cacat dari kosakata Portugis: holanda, olanda, wolanda, bolanda, dan terakhir menjadi belanda. Belanda Eropa berbatasan dengan Laut Utara di utara, dan barat, Belgia di selatan, dan Jerman di timur, dan berbagi perbatasan bahari dengan Belgia, Jerman, dan Britania Raya.

Belanda menganut demokrasi parlementer yang disusun sebagai negara kesatuan. Ibu kotanya adalah Amsterdam, sedangkan pusat pemerintahan, dan kedudukan monarkinya berada di Den Haag. Belanda sebagai keseluruhan seringkali disebut "Holland", meskipun Holland Utara, dan Selatan hanyalah dua dari dua belas provinsinya.

Kantor Perwakilan Republik Indonesia

Indonesian Embassy in The Hague, Netherlands
Add: Tobias Asserlaan 8, 2517 KC 'S-Gravenhage Netherlands

Phone: (+31) (70) 310-8100, (+31) (70) 310-8176 /7

Fax:  (+31) (70) 364-3331

Email: bidpen@indonesia.nl

Website: www.indonesia.nl

Perbedaan Waktu Indonesia dengan Belanda:

Perbedaan waktunya adalah 5 jam. Jika di Indonesia jam 12 siang, maka di Belanda masih jam 7 pagi


Kantor Perwakilan Asing di Indonesia

Netherlands Embassy in Jakarta, Indonesia
Add: Jalan HR Rasuna Said Kav. S-3, Kuningan
Jakarta 12950 Indonesia

Phone: (+62) 21 524 8200 ; Fax: (+62) 21 570 0734 ; Email: jak@minbuza.nl ; Website: indonesia.nlembassy.org

Office Hours: Mon-Thu: 08.00-12.00 and 13.00-16.00; Fri: 08.00-12.00 and 13.00-14.00

 

Netherlands Honorary Consulate in Denpasar, Indonesia
Add: Jl. Raya Kuta 127 Kuta
P.O. Box 3337, Denpasar 80001, Bali Indonesia

Phone: (+62) 361 761 502 ; Fax: (+62) 361 754 897 ; Email: dutchconsulate@kcbtours.com

Office Hours: 08.30-16.00

 

Netherlands Honorary Consulate in Medan, Indonesia
Add: Jalan Cakrawati No. 12 Desa Aur - Medan Maimun Medan 20151Indonesia

Phone: (+62) 61 414 6306; (+62) 61 455 7078 ; Fax: (+62) 61 453 6130 ; Email: conmednl@indosat.net.id

 

Netherlands Honorary Consulate in Surabaya, Indonesia
Add: Jalan Imam Bonjol No. 36 Surabaya 60264
Indonesia

Phone: (+62) 31 566 2409 ; Fax: (+62) 31 566 2414 ; Email: consned@sby.centrin.net.id

Office Hours: 08.30-16.00

Iklim Belanda dengan pesisir Laut Utaranya yang panjang, memiliki iklim kelautan khas yang sedang. Pengaruh laut memastikan agar kita tidak terlalu kedinginan pada saat musim dingin, tidak terlalu panas pada saat musim panas, dan selalu ada kelembaban di udara pada waktu hujan.
Mata Uang Euro (EUR) € [EUR 1 = IDR 15749.51 ]
Penduduk

17.100.715 jiwa Belanda merupakan negara berpenduduk terbanyak ke-10 di Eropa, dan terbanyak ke-61di dunia. Antara tahun 1900, dan 1950, populasi negara ini hampir menjadi dua kali lipat semula dari 5,1 juta menjadi 10,0 juta jiwa. Dari tahun 1950 sampai 2000, populasinya kemudian bertambah lagi dari 10,0 juta menjadi 15,9 juta jiwa, tetapi laju pertumbuhan penduduk lebih kecil daripada lima puluh tahun lampau.

(Dutch 95%, EU 2.5%, Turkish 0.5%, Moroccan 0.3%, Chinese 0.2%, other 1.5%)
Adat Istiadat dan Kebudayaan; do’s and don’ts

Belanda memiliki banyak pelukis terkenal. Abad ke-17, ketika itu Republik Belanda mencapai kemakmuran, merupakan zaman "Para Maestro Belanda", misalnya Rembrandt van Rijn, Johannes Vermeer, Jan Steen,Jacob van Ruysdeal, dan banyak lagi. Pelukis Belanda yang terkenal pada abad ke-19, dan ke-20 adalah Vincenr van Gogh, dan Piet Mondriaan. M.C. Escher ialah seorang seniman grafika terkenal, dan Han van Meegeren ialah pemalsu seni.  Williem de Kooning lahir, dan berlatih di Rotterdam, kendati dia dianggap sebagai seniman Amerika.

Belanda adalah negara para filsuf, seperti Erasmus dari Rotterdam, dan Spinoza. Semua karya besar Descartes' dirampungkan di Belanda. Ilmuwan Belanda Cristiaan Huygens (1629–1695) yang menemukan bulan Saturnus, Titan, berpendapat bahwa cahaya merambat sebagai gelombang, menemukan jam bandul, dan merupakan fisikawan pertama yang memanfaatkan perumusan matematika. Antonie Leeuwenhoek ialah yang pertama mengamati, dan menjelaskan organisme sel tunggal  berbantuan mikroskop.

Kondisi Keamanan Belanda adalah negara paling aman dengan tingkat kekerasan dan kejahatan kriminal di jalan yang rendah. Petugas polisi sangat ramah dan senang menolong, polisi memiliki tugas untuk melindungi setiap individu. Apabila Anda menghubungi polisi, jangan khawatir mengenai kendala bahasa, karena polisi akan membantu mencari seseorang yang dapat mengerti dan berbicara bahasa Anda tanpa dikenakan biaya.
Kondisi Ekonomi

Ekonomi Belanda adalah ekonomi terbuka yang sangat bergantung pada perdagangan internasional. Belanda berada di posisi keenam belas berdasarkan perolehan PDB. Ekonominya berkembang dengan sangat baik pada tahun 1998 - 2000, namun mengalami pertumbuhan pada tahun 2001 - 2005 karena perlambatan pertumbuhan ekonomi dunia. Inflasi sebesar 1,3% dan direncanakan untuk tetap berada di bawah 1,5%.

Dalam ekonomi internasional, Belanda merupakan pendiri lembaga ekonomi penting dunia seperti Uni Eropa, WTO, dan OECD. Sebagai pendiri Uni Eropa, Belanda menjadi salah satu negara pertama yang mengganti mata uangnya dari gulden menjadi euro. Ekspor utamanya bergerak di bidang mesin, kimia dan pengolahan makanan. Mitra ekspor terbesar adalah Jerman, RRC, Belgia, AS dan Britania Raya. GDP per kapita tahun 2004 US$ 48.000

Sistem Transportasi Untuk transportasi dari Indonesia ke Belanda dapat menggunakan pesawat terbang atau kapal laut. Secara garis besar, ada 3 macam jenis transportasi publik di Amsterdam: bus, taxi, sepeda dan transportasi berbasis rel seperti trem
Durasi Penerbangan dari Indonesia ke Negara Tujuan Penempatan serta Rute Penerbangan Lama perjalanan ke belanda dengan menggunakan pesawat terbang adalah 14 jam. Dengan transit 1 kali ke Malaysia lalu dilanjutkan langsung menuju Amsterdam. Transportasi dalam kota dapat menggunakan Taksi, Bis umum, sepeda, dan Kereta

 

B. Profil Ketenagakerjaan

Peluang Kerja bagi Tenaga Kerja Asing

Tenaga perawat, pendidik, pelayaran (telah terjadi kerjasama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) dan Balai Pendiidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP). Ditambahkan lagi dengan Cevest, Bekasi, sejak tahun 2005. Upgrading engineers dan ratings, dengan subyek elektro, pengelasan dan pipe fitting.

Hospitality, Health, Manufaktur, konstruksi.
Persyaratan Jabatan
  • Wajib memiliki skill (keahlian) dibidangnya
  • Menguasai bahasa Inggris atau bahasa setempat
Gaji dan Fasilitas

Lembaga pemerintah, lembaga swasta dan yayasan di Belanda, pada awal kerja   akan memperlakukan upah minimum   sesuai ketentuan  Undang-undang yang berlaku di negara tersebut atau berdasarkan konvensi. Majikan wajib membayar upah pekerja selambat-lambatnya pada hari ketujuh setelah hari terakhir tempo penggajian.

TKI pada umumnya mendapatkan salah satu atau beberapa fasilitas dibawah ini, yaitu:

  • Peralatan, pakaian, dan alat keselamatan kerja;
  • Perumahan/asrama serta peralatan tidur, masak, air, dan listrik; umumnya asrama dihuni bersama antara 4 - 10 pekerja;
  • Transport ke dan dari tempat kerja;
  • Tunjangan (elaun) shift;
  • Tunjangan kehadiran;
  • Tunjangan makan (atau disediakan makanan);
  • Tunjangan insentif/kerajinan produktivitas.

Sedangkan TKI yang bekerja sebagai penata laksana rumah tangga pada umumnya tinggal di rumah/kediaman yang sama dengan majikan.

Peraturan Ketenagakerjaan

Keberadaan peraturan TKA

Wilayah Ekonomi Eropa (EEA) terdiri dari Amerika dan dua puluh lima anggota Uni Eropa (EU) ditambah Liechtenstein, Norwegia dan Islandia. Warga EEA bebas untuk bergerak dan bekerja di mana pun mereka ingin, di Belanda dan negara-negara anggota EEA lainnya. Pekerja non-EEA yang dipekerjakan secara sah di satu negara anggota dan untuk sementara bekerja pada kontrak di negara anggota lain tidak memerlukan ijin kerja selama kontrak.

Menerima izin kerja Belanda untuk orang asing, orang-orang yang bukan warga negara EEA jauh lebih sulit. Pencari kerja non-EEA lainnya harus menemukan majikan bersedia untuk mengajukan permohonan izin kerja dan visa kerja ke pihak imigrasi atas nama mereka dengan baik sebelum tanggal awal pekerjaan, sementara mereka masih di negara asal mereka. Secara teknis, Anda tidak diizinkan untuk masuk ke suatu negara untuk mencari pekerjaan.

Majikan harus mengajukan permohonan izin kerja dengan bukti bahwa tidak ada warga negara Belanda atau Uni Eropa mampu melakukan pekerjaan. Ini membutuhkan waktu sekitar empat minggu untuk memproses permohonan ijin kerja. Biasanya, pekerja asing akan menerima izin kerja Belanda hanya berlaku untuk satu majikan dan selama satu tahun. Izin tersebut harus memperbaharui setiap tahun.

Seorang karyawan hanya dapat mengubah pekerjaan setelah majikan baru telah memperoleh izin kerja bagi mereka

Labour Law - The Netherlands

  • Civil Code, Book 7, Special agreements - The Netherlands
  • Order of October 5, 1945, establishing the Exraordinary Decree on Labour Relations in 1945 - The Netherlands
  • Bankruptcy Act - The Netherlands
  • Unemployment Act - The Netherlands
  • Disability Insurance Act - The Netherlands
  • Act of March 24 1976, establishing rules concerning reporting of collective dismissals - The Netherlands
  • Act of 24 Descember 1927 laying down detailed rules of the Collective Agreement - The Netherlands
  • Act of May 25, 1937, on declaration of universal or non-universal application of provisions in collwctive agreement - The Netherlands
  • Act of January 28, 1971, establishing new rules regarding the participation of emlpoyees in the company works through works councils - The Netherlands
  • Act of January 23, 1997 implementing Directive No. 94/45/EC of the Council of the European Union of September 22, 1994 concerning the establishment of a European Works Council or a procedure in enterprises or companies with participation of the working community for the informing andconsulting of employees ( Act on European Works Councils) - The Netherlands
  • Decision on entry of Social-Economical Council (SEC) - Merger Code 2000 into force - The Netherlands
  • Act of Fabruary 19, 2000, to protect the rigth to adapt working hours ( Act adjusting working hours) - The Netherlands
  • Act of 16 November, 2001 laying down rules for the creation of a new balance berween work and care in the broadest sense ( Work and Care Act) - The Netherlands
  • Act of March 2, 1994, laying down general rules for protection against discriminarion on grounds of religion, belief, political opinion, race, sex, nationality, heterosexual or homosexsual orientation or marital status - The Netherlands
  • Act of March 1, 1980, adapting the Dutch legislation ti the Council Directive of the European Communities on 9 February, 1976 on equal treatment of men and women - The Netherlands
  • Act of April 3, 2003 laying down the ACt on equal treatment on grounds of disability or chronic illeness - The Netherlands
  • Act of May 14,1998, Containing rules for the non-public employment intermediation and the provision of labour force ( Act on labour allocation through intermediaries) - The Netherlands
  • Act of November 27, 1968, containing regulations on minimum wages on minimum holiday allowance - The Netherlands
  • Act of Desember 21, 1994, fixing the Aliens Employment Act - The Netherlands
  • Act of July 6, 2000, containing rules on the protection of personal data ( Personal Data Protection Act) - The Netherlands
  • Convention on the Act applicable to contractual obligations - The Netherlands
  • Dismissal Decision - The Netherlands
  • Act of March 18, 1999, conditions provisions to improve working conditions ( Act on Working Conditions, 1998) - The Netherlands
  • Act of November 23, 1995, containing provosopns on working and resting hours - The Netherlands
  • Dicision of Desember 4, 1995, laying down detailedrues on working and resting hours - The Netherlands
  • Regulation procedure in first year of illness - The Netherlands
  • Policies for gatekeeper's performance assessment - The Netherlands 27

 

Jam Kerja

Belanda dan Jerman menerapkan aturan work-life balance dalam sistem kerja perusahaan di sana. Jam kerja di Belanda dan Jerman bahkan tidak menyentuh angka 40 jam per minggu. Oh iya, kedua negara tersebut juga memiliki banyak hari libur dan jatah paid vacation loh. Tapi alih-alih produktivitas menurun, angka dan statistik produktivitas di kedua negara tersebut justru termasuk yang tertinggi di dunia.

Mengenal Budaya Kerja Orang Belanda : 

a. Work Hard, Play Harder

Disini saat memasuki jam kerja, setiap orang akan fokus terhadap pekerjaannya. Sebagai contoh, saat sudah komit masuk kerja jam 9, maka itu berarti jam 9 adalah memulai kerja bukan ‘start’ buka laptop atau pc atau sekedar membuka socmed.

b. Quality instead of quantity

Disini, kalau jam 5 sore, pasti sudah sepi, jarang banget melihat orang lembur. Tetapi entah kenapa pekerjaannya selalu selesai tepat waktu dan sesuai komitmen. Hal ini bisa terjadi karena berbagai hal, bisa jadi karena mereka memang bisa memanage waktu mereka atau load kerja setiap orang (manpower) sudah diperhitungkan sehingga tidak ada ceritanya overload. Bahkan, kita diperbolehkan work at home seminggu sekali jika memungkinkan

c. Holiday

Setiap pegawai rata-rata memiliki jatah libur kurang lebih 6 minggu dalam setahun. Dan jadwal libur adalah hak karyawan. Atasan tidak bisa menganggu atau membatalkan jadwal ‘cuti’. Atasan hanya boleh menyarankan

d. Break time

Biasanya orang-orang menghabiskan waktu istirahat dengan jalan-jalan mengelilingi ‘hutan’ yang kurang lebih 1 km. Alasan mereka supaya sehat, maka jangan kaget kalau disini opa-opa umur 60 tahun masih kuat naek sepeda atau naek tangga dengan lincah

f. Meeting on time

Saat rapat, mereka tidak hanya datang tepat waktu tapi juga selesai tepat waktu. Jika kita menjadwalkan lama meeting adalah 2 jam. Maka selesai tidak selesai meeting akan selesai dalam waktu 2 jam. Jika lebih, itu menjadi tanggung jawab ‘pelaksana meeting’

h. Low Power Distance

Kalau di Indonesia kita butuh melalui mekanisme yang panjang untuk menemui orang yang memiliki jabatan tinggi misal direktur. Disini, kita bisa langsung kontak direktur langsung tanpa perantara yang menyusahkan. Selama direktur available dan bersedia, kita bisa langsung arrange meeting melalui outlook. Di outlook, ada fitur shared calendar, jadi kita sudah bisa langsung tau waktu available dari direktur tersebut tanpa harus cek ke sekretarisnya.

i. Presentation

saat memulai presentasi kita harus memulai dengan presentasi dengan fokus yang jelas setelah itu di-elaborate agar audience mengerti dan tidak hilang fokus apa tujuan meeting tersebut. Selain itu di dalam presentasi, data akurat adalah hal yang wajib. Kita tidak bisa mengandalkan ‘katanya tanpa evidence‘ atau menampilkan suatu informasi tanpa argumen yang kuat. What, why dan how adalah pertannyaan lumrah ditanyakan saat penjelasan kurang jelas

Peraturan Keimigrasian

Visa Kerja

Warga negara Uni Eropa bebas untuk bergerak dan bekerja di Belanda dengan izin atau visa bekerja. Namun, mereka harus mengajukan permohonan izin tinggal di kantor polisi lokal mereka dalam waktu tiga bulan dan memberikan bukti kerja atau pendapatan

 

Secara umum beberapa persyaratan pembuatan visa kerja adalah sebagai berikut.

1. Membuat permohonan pengajuan visa kerja pada perwakilan negara yang akan dituju . Jangan lupa untuk melampirkan persyaratan-persyaratan administrasi yang dibutuhkan.

2. Persyaratan yang harus dilampirkan antara lain fotokopi paspor yang masih berlaku, bukti memiliki biaya hidup selama tinggal di negara yang akan dituju serta pasfoto sebanyak satu lembar dengan ukuran 4×6 

3. Jika lebih rinci persyaratannya sebagai berikut:
    Dari pihak pekerja (anda sendiri) perlu menyajikan data berikut :

  • 2 pas foto resmi
  • Fotokopi halaman ID paspor
  • Resume / CV
  • Fotokopi kemampuan akademis
  • Surat tugas / kontrak asli
  • Uraian pekerjaan

4. Jika sudah berkeluarga dan ingin mereka ikut bersama anda, syaratnya seperti berikut ini:

  • 2 pas foto
  • Fotokopi Buku Nikah
  • Fotokopi akta kelahiran anak-anak
  • Fotokopi halaman paspor
  • Fotokopi Kartu Keluarga

5. Dari perusahaan mensponsori

  • Surat undangan
  • SIUPP / Daftar Perusahaan (Certificate of Incorporation)
  • Fotokopi Sertifikat Pembayaran Pajak untuk tahun sebelumnya
  • laporan keuangan untuk tahun fiskal terakhir

6. Selain persyaratan administrasi di atas, seseorang yang bisa mendapatkan visa kerja adalah mereka yang sesuai dengan persyaratan orang asing dalam rangka bekerja sesuai dengan undang-undang yang berlaku di negara tujuan. Seperti misalnya bebas dari catatan kriminal, tidak terlibat terorisme. Dan punya tempat tinggal yang layak serta memiliki asuransi kesehatan.

Permanent Residence

Syarat penting untuk dipertimbangkan sebelum apply :

  • Untuk PR Belanda, kamu harus tinggal lebih dari 5 tahun tanpa jeda untuk bisa eligible. Untuk PR EU (atau disebut dengan Long Term Residence EC, yang artinya kamu akan diberi kemudahan untuk tinggal atau kerja di negara-negara European Union lainnya selain Belanda, kamu harus tinggal lebih dari 5 tahun tanpa jeda. Hanya saja yang membedakan adalah periode studi dihitung separuh, jadi total harus 7 tahun untuk daftar PR Long Term Residence EC. FYI, kalau sudah punya PR Belanda, bisa kok diupgrade ke PR EU.
  • Harus punya Non-permanent Residence permit selama 5 tahun berturut-turut dan harus berlaku pada saat aplikasi diajukan dan saat keputusan dikeluarkan.
  • Anda sedang bekerja dan mempunyai gaji yang cukup sesuai standar minimal atau kamu mempunyai partner yang memiliki PR. Untuk jelasnya berapa minimal gaji, cek di website https://www.government.nl/topics/minimum-wage

Semua karyawan berusia antara 23 tahun dan usia pensiun negara berhak mendapatkan upah minimum menurut undang-undang. Ini adalah minimum yang harus Anda terima jika Anda bekerja. Karyawan yang lebih muda (15 sampai 22) berhak atas upah minimum kaum muda. Upah minimum melindungi Anda dari gaji rendah. Pemerintah mengambil tindakan tegas terhadap kekurangan pembayaran dan dapat mengenakan denda tinggi pada atasan.

Apa sih keuntungan-nya ?

Intinya sih hak-hak kita disetarakan dengan hak-hak warga negara/ lokal kecuali hak untuk memilih/vote, yang buat saya tidak terlalu masalah hehe. Hak-hak dibawah inilah yang paling signifikan untuk kesejahteraan hidup saya.

1. Jaminan/Security secara independen:

Saya memang saat ini sedang bekerja, jadi tidak terlalu khawatir dengan masalah permit karena hingga Anda keluar/dipecat, Anda akan disponsori oleh employer. Tapi, jika suatu saat nanti kantor tempat Anda bekerja mengadakan lay off atau terjadi sesuatu dan Anda diharuskan untuk berhenti, Anda hanya akan memiliki waktu 27 hari-3 bulan untuk mencari kerja baru. Kalau belum mendapatkan pekerjaan di periode waktu itu, maka Anda pun harus angkat koper dan pulang ke Indonesia. Inget lho, untuk kembali lagi ke Belanda tidak semudah itu. Selagi masih di Belanda, keuntungan dan kemungkinan harus dipergunakan dengan sebaik-baiknya. Intinya dengan PR, Anda tidak perlu siapa-siapa untuk menjamin Anda tinggal di Belanda selain Anda sendiri tanpa jangka waktu.

2. Biaya sekolah setara dengan lokal

Di Belanda, gap biaya sekolah antara murid internasional dan lokal sangat signifikan.

3. Kemungkinan untuk kembali ke Belanda di masa mendatang

Saat suatu hari nanti jika Anda pindah ke negara lain atau pulang ke Indonesia, Anda masih bisa kembali ke Belanda secara mudah. Hanya saja, PR harus dimaintain, dengan cara stay di Belanda paling tidak 3 bulan dalam setahun. Maka dari itu, investasi membeli rumah dan kemudian disewakan merupakan salah satu pilihan.

Informasi pengguna di luar negeri

RS. Sint Lucas Andreas Amsterdam, Belanda.

Informasi Asosiasi Profesi dan Ikatan Asosiasi Profesi Indonesia di negara penempatan
  • Komunitas Indonesia Belanda
  • Diaspora Indonesia Network
  • Indonesia Migrant Workes Union (IMWU) Belanda
  • Indonesian Nurse Association in Netherlands (Persatuan Perawat Indonesia di Netherland, PPNI)
  • Indonesian Student Association in The Hague (PPI Den Haag)

 

Biaya Hidup

 

Biaya hidup di Belanda 96.67% lebih tinggi daripada di Indonesia (data agregat untuk semua kota, sewa tidak termasuk dalam hitungan). Sewa di Belanda adalah 313.75% lebih tinggi daripada di Indonesia (data rata-rata untuk semua kota).

Utilitas (Bulanan), Dasar (Listrik, Pemanas, Air, Sampah) untuk Apartemen ukuran 85m2: 147.65 €