|
home>negara>

Peluang Kerja

 

A.Profil Negara

Lokasi dan Geografi

Hong Kong adalah kota yang terletak di bagian tenggara Tiongkok di Pearl River Estuari dan Laut Tiongkok Selatan. Hong Kong terletak di laut Tiongkok selatan, 60 km (37 mi) sebelah timur Makau di sisi berlawanan dari Pearl River Delta. Dikelilingi Laut Tiongkok Selatan di timur, selatan, dan barat, dan berbatasan dengan kota Shenzhen di utara, di seberang Sungai Sham Chun (Sungai Shenzhen). Luas daerahnya adalah 1.104 km2 (426 sq mi) terdiri dari Pulau Hong Kong, Kowloon, dan New Territories, dan lebih dari 200 pulau lepas pantai, Pulau Lantau adalah yang terbesar sedangkan Hong Kong adalah yang kedua terbesar dan populasinya adalah yang terbesar.

Kantor Perwakilan Republik Indonesia

Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Hong kong

Add: 127-129 Leighton Road, 6-8 Keswick Street, Causeway Bay Hong Kong, P. R. Tiongkok

Tel: (852) 3651 0200

Fax : (852) 2895 0139

Email : info@cgrihk.com

Website:  http://www.kemlu.go.id/hongkong/id/default.aspx

Perbedaan waktu dengan Jakarta adalah selisih 1 Jam,  Kalau di Jakarta jam 05.00 (WIB) di Hongkong  jam 06.00

Iklim Hong Kong memiliki iklim subtropis dengan suhu yang berkisar dari 10 derajat celcius hingga 33 derajat celcius
Mata Uang Dolar Hong Kong (HK$) (HKD)
Penduduk Sekitar 93.6% penduduk Hong Kong merupakan keturunan Tionghoa
Adat Istiadat dan Kebudayaan; do’s and don’ts

Bahasa resmi Hong Kong secara de facto adalah Kanton, bahasa Mandarin dari provinsi Guangdong, Bahasa Inggris juga merupakan bahasa utama. Hong Kong menikmati kebebasan beragama yang tinggi yang dijamin oleh Hukum Dasar. Agama utama di Hong Kong adalah Buddha, Taoisme dan Konfusianisme.

Hong Kong sering disebut sebagai tempat di mana "timur bertemu dengan barat", merefleksikan campuran kebudayaan asal Tiongkok dengan dipengaruhi barat ketika menjadi koloni Inggris. Konsep feng shui dianggap sangat penting, angunan-bangunan juga tidak pernah menyediakan lantai berapapun yang ada angka 4 di dalamnya, karena kesamaannya dengan kata "mati" dalam bahasa Kanton.

Kondisi Keamanan Aman
Kondisi Ekonomi

Sebagai salah satu pusat keuangan dunia, Hong Kong memiliki sistem ekonomi kapitalis yang ditandai dengan pajak rendah dan perdagangan bebas. Hong Kong menjadi pusat penting bagi perdagangan dan keuangan dunia, dan banyak menjadi kantor pusat korporat-korporat besar di kawasan Asia Pasifik, dan dikenal sebagai Empat Macan Asia karena pertumbuhannya yang tinggi dan pembangunan luar biasa.

Pariwisata adalah salah satu tonggak utama perekonomian Hong Kong.

Sistem Transportasi Dari dan ke Hong Kong dilayani oleh Bandara Internasional Hong Kong di Chek Lap Kok. Di dalam kota Hong Kong memiliki sistem transportasi dalam kota yang mapan dan modern yang terdiri dari kereta api, bus, tram, feri, dan taksi. Lebih dari 90% perjalanan harian (sekitar 11 juta) bergantung pada transportasi umum, salah satu yang tertinggi di dunia. Hampir semua layanan transportasi dapat dibayar menggunakan kartu Octopus, sistem kartu bersaldo yang diperkenalkan oleh MTR.
Durasi Penerbangan dari Indonesia ke Negara Tujuan Penempatan serta Rute Penerbangan

Durasi dari Jakarta ke Hong Kong: 04 jam, 50 menit

Jakarta → Hong Kong: 04 jam, 50 menit

 

B. Profil Ketenagakerjaan

Peluang Kerja bagi Tenaga Kerja Asing Hospitality [home service]
Persyaratan Jabatan Banyak TKI yang bekerja sevagai domestic workers di Hong Kong.
Gaji dan Fasilitas Di tahun 2017 ini gaji atau upah minimum buruh migran Hongkong akan naik HK$ 100 untuk kontrak yang ditandatangani pada atau setelah 1 Oktober 2016. Dengan demikian berarti termasuk upah untuk buruh migran yang termasuk MAW (Minimun Allowed Wage) naik 4,2% dari tahun lalu dari HK$ 4210 menjadi HK$ 4310.

Peraturan Ketenagakerjaan

A. Keberadaan peraturan TKA

Adanya  “Joint Statement Between The Government of The Republic of Indonesia and The Government of The Hong Kong Special Administrative Region of The People’s Republic of China

Welcoming Program Bagi PMI di Hong Kong

Welcoming program adalah program penyuluhan kepada PMI yang baru pertama kali bekerja di Hong Kong.  Tujuan kegiatan ini untuk memberikan suasana yang nyaman dalam arti memberikan persiapan psikologis, sosiologis, dan kultural kondisi di Hong Kong kepada para PMI yang baru datang sehingga bisa meningkatkan dan menyiapkan kepercayaan diri para PMI menghadapi kondisi dan situasi yang baru. Welcoming Program juga bertujuan untuk memperkenalkan kantor KJRI sebagai 'rumah' yang ramah bagi PMI selama bekerja di Hong Kong.

B. Kondisi tempat kerja

Berdasarkan peraturan, anda harus bekerja dengan majikan tertentu di tempat, dan waktu bekerja sebagaimana tertulis dalam kontrak kerja.

C. Jam kerja dan lembur

Semua buruh migrant asing berhak atas:

  • Gaji minimal bulanan;
  • Hari istirahat – satu hari setiap tujuh hari kerja; lamanya hari istirahat adalah satu hari kerja penuh atau tidak kurang dari 24 jam;
  • Hari Libur Nasional – 12 Hari Setiap Tahun.

D. Jaminan kesehatan dan kecelakaan kerja (asuransi)

Penggantian asuransi TKI ke BPJS Ketenagakerjaan sebagai bentuk kehadiran negara dalam memberikan perlindungan kepada TKI, sejak sebelum berangkat, masa penempataan sampai pasca.

Iuran wajib yang harus dibayar TKI baik saat pra, penempatan dan setelah penempatan, pada BPJS Ketenagakerjaan yakni Rp 370 ribu.

Peraturan Keimigrasian Khusus untuk BMI yang bekerja di Hong Kong, pemerintah Hong Kong memberikan visa kerja selama dua tahun. Dimana 2 atau 3 bulan menjelang visa tersebut habis, BMI diharuskan mengajukan perpanjangan visa kerja yang baru untuk masa dua tahun ke depan.
Informasi pengguna di luar negeri
  1. CH Hutchison Holdings,
  2. Kuok and Kerry Group,
  3. Jardine Matheson Holdings Ltd,
  4. Swire Pacific Ltd,
  5. Bank of China (Hong Kong) Ltd,
  6. China Resources Group,
  7. HSBC
  8. Sun Wah Group
  9. Overseas Employment Center Limited
  10. Sung Care Employment Agency
  11. Further reation (International) Investment Ltd
  12. Advance Court Overseas Employment Co.
  13. Tin way Employment Co. Limited
  14. Hung Chau Company Limited
  15. Peony Employment Agency Limited
  16. Viva Employment Services Limited
  17. ABNC Employment Agencies Co
  18. Au Traders Service Centre
  19. Ensemble Human Resources Co. Limited
  20. Kwong Shing Company
  21. Four Seas Employment Agency
  22. K and B Employment Centre
  23. Frank Express Employment Centre
  24. Shun On Development Co.Ltd
  25. Lincoln Employment Agency
  26. King Trading Company
  27. Lotus Employment Agency Limited
  28. Wai Wai Company 
Informasi Asosiasi Profesi dan Ikatan Asosiasi Profesi Indonesia di negara penempatan
  • Asosiasi Buruh Migran Indonesia di Hong Kong (ATKI-HK)
  • Asosiasi PPTKI Hong Kong Limited (APPIH)

 

Biaya Hidup

 

Biaya hidup di Hong Kong adalah 98,28% lebih tinggi daripada di Indonesia (data gabungan untuk semua kota, sewa tidak diperhitungkan). Sewa di Hong Kong 825,54% lebih tinggi dari di Indonesia (data rata-rata untuk semua kota).

https://www.numbeo.com/cost-of-living/country_result.jsp?country=Hong%20Kong