|
home>negara>

Peluang Kerja

A. Profil Negara

Ibu Kota Macau

Lokasi dan Geografi

Macau terletak di Asia Timur, berbatasan dengan Laut Cina Selatan dan Cina. Letak geografisnya berada di 22°10′N 113°33′E. Dengan wilayah seluas 30,3 km2.

Kantor Perwakilan Republik Indonesia

Konsulat Jendral Republik Indonesia (KJRI) di Hongkong

Add: Unit A 22/F, Luso International Bank Building Rua Do Dr. Pedro Jose Lobo No. 1A 3A Afenida Doutor Mario Soarez No. 47 Macau

No. Telp: +853 2871 4012, +853 6553 8101

Web: www.deplu.go.id/hongkong

Email: kjrihkg@netvigator.com

Hari kerja senin - jumat (09.00 - 17.00  waktu setempat)

 

Perbedaan waktu dengan Indonesia adalah +1 jam
Iklim

Subtropis yang lembab

Suhu tahunan rata-rata Macau adalah 22,7 ° C (72,9 ° F). Juli adalah bulan terpanas, suhu rata-rata 28,9 ° C (84,0 ° F). Bulan paling dingin adalah bulan Januari, dengan suhu rata-rata 14,5 ° C (58,1 ° F).

Terletak di pesisir selatan China, Macau memiliki curah hujan yang cukup, dengan curah hujan tahunan rata-rata 2.120 milimeter (83 in). Namun, musim dingin sebagian besar kering karena pengaruh Siberia High yang besar yang mempengaruhi sebagian besar wilayah Asia Timur. Musim gugur di Macau, dari bulan Oktober sampai November, cerah dan hangat hangat dengan kelembaban rendah. Musim dingin (Desember sampai awal Maret) umumnya ringan dengan suhu di atas 13 ° C (55 ° F) sebagian besar waktu, meskipun kadang bisa turun di bawah 8 ° C (46 ° F). Kelembaban mulai meningkat mulai akhir Maret. Musim panas sangat hangat sampai panas (sering naik di atas 30 ° C (86 ° F) di siang hari). Cuaca panas sering diikuti hujan lebat, badai petir dan topan sesekali

Mata Uang Macanese Pataca (MOP$)[MOP 1 = IDR 1656]
Penduduk

642.900 Jiwa, kepadatan: 21.190/km2

Macau adalah wilayah yang paling padat penduduknya di dunia, dengan kepadatan penduduk 21.400 orang per kilometer persegi pada tahun 2016.

Orang Cina Han menguasai 95% populasi Macau; 2% lainnya adalah keturunan Portugis dan / atau campuran keturunan Cina / Portugis, sebuah kelompok etnis yang sering disebut sebagai orang Macan. Bahasa resmi Macau adalah bahasa Cina (bahasa Kanton) dan bahasa Portugis. Bahasa lain seperti bahasa Mandarin, Inggris, dan Hokkien dituturkan oleh masyarakat setempat.

Adat Istiadat dan Kebudayaan; do’s and don’ts

Etnis terbesar yang terdapat di Macau ialah Cina.

Bahasa yang digunakan mayoritas adalah Kanton sebesar 83.3%, Mandarin 5%, Hokkien 3.7%, English 2.3%, other Chinese dialects 2%, Tagalog 1.7%, Portuguese 0.7%, other 1.3%. Agama yang dianut mayoritas Budha 50%, Katolik Roma 15% dan 35% lain-lain. 

Adat dan Istiadat yang terdapat di Makau merupakan campuran antara Portugis dengan Cina. Kebanyakan orang Cina di Macau sangat dipengaruhi oleh tradisi dan budaya mereka sendiri, yang sebagian besar mengambil bagian dalam agama rakyat Tionghoa, di mana Taoisme dan Konfusianisme dipahami.

Beberapa acara tahunan di Macau seperti festival Seni Macau pada bulan Maret, Kontes Pameran Kembang Api Internasional pada bulan September, festival Musik Internasional pada bulan Oktober dan / atau November, dan Marathon Internasional Macau pada bulan Desember.

Kondisi Keamanan Relatif Aman
Kondisi Ekonomi

$80.765 (2013, US Dollar)

 

Perekonomian Macau sebagian besar didasarkan pada pariwisata. Kegiatan ekonomi utama lainnya di Macau adalah manufaktur tekstil dan garmen ekspor, perbankan dan jasa keuangan lainnya. Industri pakaian telah menyediakan sekitar tiga perempat pendapatan ekspor, dan industri perhotelan, pariwisata dan perhotelan diperkirakan menyumbang lebih dari 50% PDB Macau, dan 70% dari pendapatan pemerintah Macau
Sistem Transportasi Terdapat bandara, Mass Transit Railway, Kereta, Bus, Taxi, dan Ferry.
Durasi Penerbangan dari Indonesia ke Negara Tujuan Penempatan serta Rute Penerbangan

Durasi dari Jakarta ke Makau: 07 jam, 45 menit, 1 transit

Jakarta →  Kuala Lumpur: 02 jam, 05 menit

Transit di Kuala Lumpur: waktu tunggu 01j, 50m

 

Kuala Lumpur →  Makau: 03 jam, 50 menit

Durasi dari Jakarta ke Makau: 11 jam, 10 menit, 1 transit

 

Jakarta → Bangkok: 03 jam, 50 menit

Transit di Bangkok: waktu tunggu 04j, 50m

Bangkok → Makau: 02 jam, 30 menit

 

B. Profil Ketenagakerjaan

Peluang Kerja bagi Tenaga Kerja Asing

Karena Makau memiliki ekonomi yang didorong oleh pariwisata, 14,6% dari angkatan kerja dipekerjakan di restoran dan hotel, dan 10,3% di industri perjudian. Dengan dibukanya beberapa resor kasino dan konstruksi utama lainnya, banyak sektor dilaporkan mengalami kekurangan tenaga kerja, dan pemerintah berusaha untuk mengimpor tenaga kerja dari daerah tetangga.

Hospitality: restoran dan perhotelan

Konstruksi: ahli konstruksi

Persyaratan Jabatan
  1. Fasih Bhs Inggris (akan lebih bagus lagi bila bisa Bhs. Cantonese/Mandarin)
  2. Bukti pengalaman kerja dibidangnya (kalau ada)
Gaji dan Fasilitas hospitality (restoran dan perhotelan) ±HK$6.000-10.000
Peraturan Ketenagakerjaan

Keberadaan peraturan TKA

Dalam kerjasama dengan pemerintah Indonesia masih menggunakan PPTKIS

Pemerintah Macau tidak memiliki kontrak kerja standar untuk pekerja migran, persoalan kontrak kerja diserahkan langsung pada kesepakatan antara majikan atau perusahaan penempatan dengan calon pekerja

Peraturan Keimigrasian Bekerja ke Macau bisa masuk menggunakan visa kunjungan. Visa atau ijin tinggal yang diberikan oleh Pemerintah Macau adalah 60 hari dengan rincian 30 hari visa awal, 20 hari visa tambahan dan 10 hari visa akhir. Setelah masuk ke Macau dan mendapatkan pekerjaan, bisa diberikan visa kerja.
Informasi pengguna di luar negeri -
Informasi Asosiasi Profesi dan Ikatan Asosiasi Profesi Indonesia di negara penempatan Indonesian Migrant Worker’s Union Macau (IMWU) Macau

 

Biaya Hidup

Biaya hidup di Macau adalah 47,73% lebih tinggi daripada di Indonesia (data gabungan untuk semua kota, sewa tidak diperhitungkan). Sewa di Macau adalah 347,62% lebih tinggi dari di Indonesia (data rata-rata untuk semua kota).

http://www.numbeo.com/cost-of-living/country_result.jsp?country=Macao