|
home>negara>

Peluang Kerja

A. Profil Negara

Ibu Kota

Muscat

Lokasi dan Geografi

Oman terletak di bagian timur hingga tenggara Semenanjung Arab, berbatasan darat dengan Persatuan Emirat Arab, Arab Saudi dan Republik Yaman. Di sebelah timur laut dan tenggara, negara ini berhadapan dengan Teluk Oman dan Laut Arabia dengan luas wilayah 309.500 km2.  Letak geografis Oman adalah 23°36′N 58°33′E.

Sebagian besar wilayah Oman terdiri dari gurun yang kering dengan daerah pesisir yang lembab dan daratan bagian dalam yang panas dan kering. Oman bagian tengah hampir seluruhnya merupakan gurun yang nyaris datar, sedangkan di utara dan selatan terdapat pegunungan berbatu yang membatasinya dengan pesisir.

Iklim gurun yang kering dan panas membuat bagian dalam Oman nyaris tak berpenghuni, sehingga kantong-kantong penduduk lebih banyak tersebar di sekitar pantai. Namun pada bulan Juni-September, bagian selatan Oman (Dhofar) mengalami curah hujan yang sangat tinggi sehingga daerah tersebut berubah menjadi lembab dan hijau, tidak seperti tipikal alam di Semenanjung Arabia.

Oman terbagi menjadi 11 kegubernuran yang masing-masing dipimpin oleh seorang gubernur. Negara ini terdiri dari daratan utama dan dua enclave di utara, yaitu Musandam yang terletak di Selat Hormuz dan Al Madhah, wilayah kecil yang berada di tengah-tengah Uni Emirat Arab.

Kantor Perwakilan Republik Indonesia

Kedutaan Besar Republik Indonesia Muscat  

Add: Way 3013, Building 1091, Muscat – Sultanate of Oman, PO Box 642, PC 115,

Fax: +968 246 91243,

Email: muscat.kbri@kemlu.go.id


Kantor Perwakilan Asing di Indonesia

Embassy of Oman

Embassy in Central Jakarta, Indonesia

Add: Jalan Latuharhari Raya No.12, RT.8/RW.7, Menteng, Jakarta Pusat, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10310, Indonesia

Phone: +62 21 31908552

Jam operasional : 08.00 – 16.00 WIB

Iklim Iklim Gurun
Mata Uang Rial Oman (OMR) [OMR 1 = IDR 36134,59]
Penduduk 3,286,936 juta jiwa (Arab, Baluchi, South Asian (Indian, Pakistani, Sri Lankan, Bangladeshi, African)
Adat Istiadat dan Kebudayaan; do’s and don’ts
  • Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Arab ditambah Bahasa Inggris dan Perancis sebagai bahasa kedua.
  • Kebudayaan Oman diantaranya pandai menggambarkan sesuatu dengan kata-kata yang dirangkai begitu indah (syair). Mereka terkenal dengan pandai dan mahir dalam bersyair. Selain itu mereka juga pandai dalam berbagai bentuk kesenian, seperti tari-tarian yang menggambarkan perjuangan atau peperangan, melukis kaligrafi, mengisap asap atau yang terkenal dengan Shisa. Namun shisa ini sekarang sudah jarang digunakan karena shisa merupakan salah satu peninggalan budaya jahiliyah.
  • Suka dan senang sekali dalam menerima dan menghormati tamunya. Tergambar dari, apabila orang Arab itu kedatangan tamu maka sebelum tamu itu masuk atau tiba dirumahnya mereka menyambutnya dengan wewangian, seperti membakar Bukhur salwa.
  • Memakai pacar (pewarna kuku) di kuku dan dilukis pada kaki mereka sebagai pendingin atau peredam panas.
  • Memakai shadow atau cela (bahasa jawanya) pada mata sebagai penajam pandangan bagi laki-laki maupun wanita.
  • wanita-wanita Oman identik dengan berpakaian tertutup warna hitam, memakai cadar (menutup wajahnya sampai matanya saja yang terlihat) dan laki-laki berpakaian putih panjang (gamis).
  • Di Oman, wanita pantang berpangku tangan.
  • Wanita Oman jarang terlihat di jalan jalan kecuali di Muscat, karena fungsi wanita adalah mengurus suami, anak dan rumah tangga.
  • Laki-laki Oman (Arab pada umumnya) memiliki kebiasaan apabila menginginkan atau meminta sesuatu kepada orang lain, agar diberi yang diinginkan mereka merayu dengan cara mengusap-usap janggut orang yang dimintainya.
  • Orang Arab akan marah kalau dipegang atau ditepuk pantatnya dan tidak marah kalau dipegang kepalanya.
  • Orang Arab memiliki kebiasaan memuji dan mendo’akan yang baik terhadap saudaranya, misalnya mengucapkan “ahsanta”, “ahlanbik”, “Barokallaohubik”, “Masya Allah” dan lain-lain.
  • Lebih menekankan hubungan kekeluargaan dan informal.
  • Menghargai kepercayaan daripada hal-hal yang bersifat procedural.
  • Agak temperamental.
  • Pada dasarnya lebih menyukai transaksi tunai dalam hubungan dagang;
  • Lebih banyak mengkonsumsi daripada memproduksi;
  • Lebih menyukai mempekerjakan orang daripada bekerja sendiri.
Kondisi Keamanan Relatif Aman
Kondisi Ekonomi
  • Dari sebuah negara sederhana pada dekade 1970an, Oman telah berkembang menjadi salah satu negara makmur yang ditopang oleh komoditas minyak bumi yang merupakan penyumbang 80% perekonomian nasional. Namun demikian, penurunan tajam dan berkelanjutan harga minyak dunia sejak pertengahan tahun 2014 telah memberikan tekanan yang signifikan terhadap perekonomian Oman. Untuk mengatasi dampak tersebut, Pemerintah Oman telah mengeluarkan berbagai langkah kebijakan seperti konsolidasi fiskal dengan pemotongan dan penghematan anggaran dan diversifikasi ekonomi. Namun, kebijakan tersebut belum memperlihatkan hasil yang positif dan bahkan IMF telah menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi Oman pada 2016 dari 2,8% menjadi 1,8% dan tahun 2017 menjadi 1,7%.
  • Ekonomi Oman tahun 2015 mencatat kontraksi PDB sebesar 14,1% dan defisit anggaran sebesar US$ 11.7 milyar (OMR 4.5 milyar). Pada enam bulan pertama 2016, defisit anggaran sudah mencapai US$9.1 milyar (OMR3.5 milyar) dan diprediksi defisit anggaran 2016 akan lebih besar.
  • Struktur ekonomi Oman didominasi oleh sektor jasa (48,9% dari total PDB), diikuti oleh sektor migas (33,9%), industri (21,2%), dan pertanian dan perikanan (1,6%). Di sektor industri, subsektor manufaktur merupakan komponen terbesar (51,3%), diikuti oleh konstruksi (38,9%), suplai listrik dan air (7,3%), dan pertambangan (2,5%). Sedangkan di sektor jasa, komponen terbesarnya adalah perdagangan grosir, transportasi, komunikasi, dan logistik
  • Oman merupakan negara yang menganut sistem perdagangan terbuka. Perdagangan luar negeri menjadi salah satu penopang utama perekonomian nasional, terutama bagi penerimaan negara dari hasil penjualan minyak bumi. Nilai kegiatan ekspor-impor barang mencapai 93% dari total PDB di tahun 2015. Ekspor minyak dan gas mencapai 59,4% dari total nilai ekspor Oman, yang mencerminkan ketergantungan terhadap minyak yang sangat tinggi. Namun demikian, nilai ekspor migas turun jauh dari tahun sebelumnya yang mencapai 65,7% dari keseluruhan nilai ekspor Oman.
  • Dalam lima tahun terakhir, Oman selalu mencatat surplus perdagangan. Meskipun harga minyak dunia tengah berada di level rendah, Oman masih dapat mencatat surplus, meskipun nilainya berkurang jauh.
  • Produk utama ekspor Oman adalah minyak, gas alam, produk-produk hidrokarbon, aluminium, biji besi, dan pupuk. Sedangkan produk utama yang diimpor oleh Oman adalah kendaraan bermotor, aksesoris kendaraan, peralatan konstruksi, dan peralatan komunikasi.
  • Di Oman tidak ada orang yang terlalu jauh perbedaan tingkat kesejahteraannya.
Sistem Transportasi
  • Transportasi dalam kota dapat menggunakan taksi, bus atau mobil pribadi. Taksi dipakai dengan sistem tawar menawar (+/- RO 1-2 untuk jarak dekat dan sedang). Keliling kota selama 1 jam ± RO 10.
  • Transportasi antar kota : Oman Air (armada penerbangan); Oman National Transport Company (ONTC) (perusahaan bus antar kota). Jaringan kereta api tidak ada.
  • Transportasi lainnya adalah pesawat terbang atau kapal laut.
  • Bandar Udara di Oman : Bandar Udara Internasional Muskat, Adam dan Masirah.
  • Bandar Udara Internasional Muskat (IATA: MCT, ICAO: OOMS) juga dipanggil Bandar Udara Internasional Seeb adalah bandar udara terbesar di Oman dan bandar udara penghubung untuk maskapai penerbangan nasional Oman Air. Terletak 32 km dari Muskat, ibu kota Oman, ±½ jam dari pusat kota); bandar udara ini pada saat ini mengoperasikan satu terminal dan terminal lainnya akan segera diselesaikan pada tahun 2014. Terminal baru memiliki kapasitas untuk menanggani penumpang sebanyak 12 juta per tahun.
  • Taksi dari Bandara Seeb International ke pusat kota Muscat sebesar RO 10.
  • Bandar Udara Adam adalah bandar udara yang direncanakan akan dibangun di Adam di Wilayah Ad Dakhiliyah, Oman. Bandar udara ini berlokasi 30 km dari kota Adam dan akan memiliki landasan pacu sepanjang 4 km. Bandar udara ini direncanakan akan memiliki kapasitas 250.000 penumpang dalam setahun.
  • Pangkalan Udara Masirah (IATA: MSH, ICAO: OOMA) adalah bandar udara militer yang berlokasi di Pulau Masirah di Oman.
  • Pelabuhan laut : Sultan Qaboos Port (Muscat), Salalah Port (Dhofar), Sohar Port (Al-Batina), Khasab Port (Musandam).
Durasi Penerbangan dari Indonesia ke Oman serta Rute Penerbangan Maskapai penerbangan dari Jakarta ke Oman menggunakan Oman Air. Tiket penerbangan langsung Jakarta – Oman dijual dengan harga mulai 650 USD (promo economy) hingga 1.430 USD (restricted business), (data Agustus 2017). Durasi penerbangan dari Jakarta ke Oman memakan waktu 10 jam 5 menit, sedangkan dari Oman ke Jakarta memakan waktu hanya 6 jam 5 menit.

 

B. Profil Ketenagakerjaan

Peluang Kerja bagi Tenaga Kerja Asing

Hospitality, oil and gas, health, agriculture dan manufacture

– Pasar tenaga kerja asing saat ini Oman di dominasi oleh para pekerja dari India, Pakistan dan Bangladesh. Seiring dengan pembangunan yang pesat di Oman serta kebutuhan terhadap profile tenaga kerja yang disesuaikan dengan tuntutan ke depan, Pemerintah Oman memberikan kesempatan kepada tenaga kerja dari negara-negara lain khususnya Asia Tenggara.

- Terdapat penawaran permintaan terhadap tenaga perawat, phisioterapi, hospitality, pramusaji, laundry dan chef.

- Berdasarkan Nota Dinas Direktur Promosi Nomor ND 44/KLNP-PROM/2016 tanggal    5 April 2016 perihal laporan partisipasi BNP2TKI pada kegiatan misi dagang terpadu Indonesia ke Kuwait dan Oman pada tanggal 26 Maret  sd 1 April 2016, dinyatakan bahwa ada peluang kerja :

  1. 10 butcher, 6 baker, 30 general cook, 15 foreign food cook, 6 confectioner, 70 waiter, 15 waitress, 18 general presser, 10 steam pressing worker, 10 dry cleaning worker, 10 washing machine operator di Jarwani Hospitality LLC
  2. 5 assistant driller di Premier World Services LLC
  3. 10 nurse, 2 physiotherapist di National Crystal Enterprise LLC
  4. 2 aquaculture supervisor di Barka National Investment, 3 barista, 1 chocolate assistant, 1 pastry chef di Elite Global HR
  5. 5 machine operator di Quartet Solution LLC
  6. 10 tenaga kesehatan, 5 physiotherapist di Rumah Sakit Oman (tidak disebutkan namanya)

- Pada Pameran Food and Hospitality Oman, Muscat, 20-22 September 2017, terdapat permintaan tenaga kerja terampil untuk ditempatkan di Hotel Misk dan OIG Bulding Maintenance Services. Permintaan ini ditujukan kepada PPTKIS PT. Citra Karya Sejati, PT Serumpun Maju Bersama, PT Amalia Rozikin Jaya, PT. Sudinar Artha dan PT. Binamandiri Mulia Raharja. (berdasarkan Brafax KBRI Muscat Nomor B.00274/Muscat/171022, tanggal 22 Oktober 2017, perihal Laporan Partisipasi KBRI Muscat pada Pameran Food and Hospitality, Oman, 15-18 Oktober 2017.

- Terdapat peluang kerja sebagai perawat dan tenaga medis asal Indonesia.

- Terdapat peluang kerja di bidang cleaning service di OIG Building Maintenance Services.

- Terdapat peluang kerja sebagai karyawan hotel di Hotel Misk.

- Peluang kerja ini berdasarkan Brafax KBRI Muscat Nomor B-00276/MUSCAT/171023 tanggal 23 Oktober 2017 perihal Laporan pertemuan Deputi KLNP BNP2TKI dengan Kemnaker Oman dan penyelenggaraan Employment Business Forum di KBRI Muscat, 16-19 Oktober 2017.

Persyaratan Jabatan
  1. Kualifikasi pendidikan SMA atau sederajat
  2. Pengalaman kerja di bidang yang sama minimal 2 tahun.
  3. Memiliki paspor Indonesia yang masih berlaku.
  4. Berumur antara 18 – 40 tahun.
  5. Datang secara sah ke Oman melalui Pemerintah atau Pelaksana Penempatan TKI Swasta (PPTKIS) yang terdaftar di DEPNAKER RI.
  6. Menandatangani kontrak kerja dengan majikan.
  7. Bekerja pada majikan perusahaan yang nama dan alamatnya tercantum pada Perjanjian Kerja (PK).
  8. Ikut dalam program asuransi.
Gaji dan Fasilitas

Perusahaan wajib membayar gaji TKI pada tanggal di mana TKI itu tiba di Oman.

TKI pada umumnya mendapatkan salah satu atau beberapa fasilitas di bawah ini yaitu :

  • Gaji
  • peralatan, pakaian dan alat keselamatan kerja
  • asrama
  • Transportasi dari dan ke tempat kerja
  • Makan
  • Asuransi kesehatan
Peraturan Ketenagakerjaan

-- PERATURAN KETENAGAKERJAAN TERHADAP TKA

Garis Pedoman Umum Bagi Tenaga Kerja Asing Di Kesultanan Oman (Diterbitkan Oleh Kementrian Ketenagakerjaan Oman)

  1. Segera setelah TKI datang di Oman diharuskan menghubungi Kedutaan Besar atau kenalan, kerabat, atau saudara bila ada, jika tidak mengetahui nomor kedutaan bisa menghubungi bagian informasi di nomor 1318.
  2. Bila TKI tidak dapat sampai di alamat yang dituju, diminta menghubungi 80077000 atau mendatangi Kemenaker Oman.
  3. Jika formalitas yang berhubungan dengan kartu tenaga kerja atau kartu residen anda tidak diselejangka waktu satu bulan sejak kedatangan, anda diharapkan mendatangi pejabat yang berwenang di Kemenaker Oman.
  4. Kartu Tenaga Kerja adalah dokumen resmi yang harus anda simpan dengan benar. Jangan menunggu sampai masa berlaku paspor anda habis, disarankan untuk memperpanjang sebelum masa berlakunya habis.
  5. TKI dapat meminta salinan kontrak kerja dan disimpan baik-baik agar dapat mengetahui hak dan kewajibannya.
  6. Jika TKI tidak menyukai kewajiban/ pekerjaan maka TKI dapat mengajukan pengunduran diri secara langsung agar tidak terjebak dalam situasi yang tidak jelas atau illegal.
  7. Jika terlibat dalam pelanggaran hukum/ mempunyai masalah dengan kepolisian, TKI diberi kesempatan melakukan satu kali panggilan telepon, harap menghubungi kedutaan besar selain menghubungi orang yang anda kenal.
  8. TKI berhak atas jaminan asuransi dari pengguna jika mendapat kecelakaan kerja.
  9. Jika pembayaran gaji mengalami keterlambatan maka TKI berhak meminta kepada pengguna, dan bila tidak ada jawaban TKI harus mendatangi petugas berwenang di Kemenaker Oman.
  10. Bila TKI dipaksa untuk  bekerja lembur, maka pengguna diharuskan memberi upah yang sesuai dengan Peraturan dan Undang-Undang Kerja Oman 35/2003 dan amandemennya.
  11. Bila terjadi perselisihan antara pengguna dan pekerja yang tidak terselesaikan, anda dapat menghubungi petugas yang berwenang di Kemenaker Oman
  12. TKI dilarang mengalihkan pekerjaannya kepada orang lain karena hal tersebut dapat menyebabkan hukuman penjara dan dendaan karenanya.
  13. Jika diketahui bekerja tanpa ijin dan tidak sesuai dengan tempat kerja/pengguna maka TKI dapat dikenakan hukuman satu bulan penjara dan denda tidak lebih dari 100 RO atau pembatalan izin kerja.
  14. Jika seorang pekerja tertangkap karena bekerja secara tidak resmi akan dimasukkan ke dalam daftar hitam dan dilarang untuk memasuki Oman lagi.
  15. Pekerja akan kehilangan haknya untuk permintaan apapun setelah jangka waktu satu tahun dari habisnya masa berlaku atau pembatalan kontrak
  16. Kerjasama dari TKI dengan pejabat pemerintah Oman sangat diharapkan, karena siapapun sengaja menghalangi atau mencegah pegawai pemerintah dalam menunaikan kewajiban mereka, akan dikenakan salah satu diantara berikut, hukuman satu bulan penjara atau denda 100 RO atau bahkan keduanya.
  17. Mengikuti peraturan keamanan dan kesehatan di tempat kerja, dapat mencegah anda dari bahaya
  18. Unjuk rasa diatur sesuai prosedur hukum yang dikeluarkan oleh Kemenaker dan peraturan yang berlaku, dilarang melakukan unjuk rasa di tempat umum atau fasilitas umum.
  19. Hormatilah peraturan dalam agama Islam dan lekatkan dengan peraturan dan ketetapan sosial yang berlaku di Oman dan nilai morilnya dan untuk tidak melibatkannya dalam aktifitas manapun yang merugikan keamanan negara bagian.
  20. Peliharalah barang-barang dan peralatan yang menunjang pekerjaan anda dan simpanlah secara baik dan benar setelah anda menggunakannya.
  21. Pengguna diwajibkan membayar gaji sesuai ketentuan upah minimum
  22. Pekerja tidak diizinkan bekerja secara tidak sah dengan pihak manapun kecuali dia mendapatkan surat pelepasan dan menyelesaikan formalitas hukum lainnya

-- Tentang Sistem Visa Oman

  1. Sama dengan Negara GCC lainnya, Sistem Kafalah masih diterapkan di Oman, akan tetapi masih lebih longgar daripada KSA dan Qatar.
  2. Kandidat yang kembali ke negara asal, harus menunggu setahun sebelum dapat diterbitkan visa kembali ke Oman, kecuali dapat menunjukkan No Objection Certificate (NOC) dari pengguna sebelumnya

-- Ketentuan Khusus

Untuk tenaga kerja dengan posisi dan keahlian tertentu, umumnya untuk posisi Insinyur, Dokter, Perawat, Manager, dokumen berikut ini harus di terjemahkan dalam bahasa Inggris dan dilegalisir di Kemenkumham, Kemlu dan Perwakilan Oman di Indonesia untuk dibawa ke Oman untuk pendaftaran lebih lanjut di Oman nantinya, yaitu:

  1. Ijasah Universitas
  2. Surat Tanda Registrasi (STR)
  3. SKCK

-- Prosedur Penempatan:

  1. Penerbitan Letter of Offer (surat penawaran kerja) dari pengguna. Setelah lulus seleksi/test/wawancara dan diterima oleh pengguna, pengguna akan menerbitkan surat penawaran kerja (letter of Offer). Surat penawaran kerja adalah versi singkat dari kontrak kerja yang berisi informasi dasar penawaran kerja, meliputi gaji, jam kerja, fasilitas kerja (makan, akomodasi, transportasi, asuransi), perhitungan lembur, jenis pekerjaan, lama kontrak dan ketentuan cuti. Durasi waktu adalah 1-7 hari.
  2. Pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan kesehatan GAMCA. Tenaga kerja melakukan pemeriksaan kesehatan di klinik yang ditunjuk oleh GAMCA. Khusus pemeriksaan di klinik GAMCA di wilayah Jakarta, tenaga kerja mendaftar dulu di kesekretariatan GAMCA di STIKES Binawan Jalan Kalibata untuk diberikan surat pengantar ke klinik GAMCA yang ditunjuk oleh kesekretariatan dalam rangka untuk menghindari monopoli oleh klinik tertentu. Biaya Rp. 1.000.000. Durasi waktu adalah 2-4 hari
  3. Pengiriman persyaratan visa. PPTKIS mengirimkan persyaratan visa ke pengguna melalui kurir ke Oman, yaitu: scan berwarna paspor halaman depan dan belakjang, foto ukuran 4 x 6 (4 lembar) dan hasil pemeriksaan GAMCA asli. Durasi waktu adalah 1 hari.
  4. Pengurusan visa. Pengguna mengurus visa di Imigrasi Oman. Visa dikirmkan melalui email.
  5. Pengurusan KTKLN. Pengurusan KTKLN di BP3TKI/P4TKI setempat dengan membawa persyaratan : visa, letter of offer / employment contract, paspor dan surat sehat dari Puskesmas. Durasi waktu adalah 1 hari
  6. Pemberangkatan

-- KISARAN GAJI BERDASARKAN PEKERJAAN UNTUK TENAGA KERJA ASING DI OMAN

  1. Pekerjaan Fire and Safety, gaji 12.500 RO
  2. Pekerjaan Cheff Cook, gaji 130 RO,
  3. Electrician, gaji 100 RO
  4. Plumber, gaji 80 RO
  5. AC Mecanic, 100 RO
  6. Driver, 100 RO
  7. Carpenter, 70 RO
  8. Waiters, 65 RO
  9. Cleaning services 60 RO
Peraturan Keimigrasian

Tentang Sistem Visa Oman

  1. Sama dengan Negara GCC lainnya, Sistem Kafalah masih diterapkan di Oman, akan tetapi masih lebih longgar daripada KSA dan Qatar.
  2. Kandidat yang kembali ke negara asal, harus menunggu setahun sebelum dapat diterbitkan visa kembali ke Oman, kecuali dapat menunjukkan No Objection Certificate (NOC) dari pengguna sebelumnya
Informasi pengguna di luar negeri
  • Jarwani Hospitality LLC.
  • Premier World Services LLC.
  • National Crystal Enterprise LLC.
  • Elite Global HR.
  • Quartet Solution LLC
Informasi Asosiasi Profesi dan Ikatan Asosiasi Profesi Indonesia di negara penempatan

Indonesia-Oman Bussines Forum

(https://www.kemlu.go.id/muscat/id/berita-agenda/berita-perwakilan/Pages/indonesia-oman-business-forum.aspx)

 

Biaya Hidup
  • Living expense (makan, hiburan, dan persiapan liburan): 400-700 RO (Riyal Oman), tergantung lifestyle)
  • Accomodation (3 kamar tidur non furnished): 400 – 750 RO (tergantung daerah dan jarak dari pusat kota)
  • Transportasi dengan mengendarai taxi : 150-250 RO.
  • Sekolah anak (per anak di international school): 200 - 500 RO
  • Lain2 (bis sekolah anak, les mengaji, biaya sosialisasi dll.): 100 – 200 RO