|
home>negara>

Peluang Kerja

 

A. Profil Negara

Ibukota Kuwait City

Lokasi dan Geografi

Kuwait adalah negara monarki di pesisir Teluk Persia, Timur Tengah. Kuwait berbatasan dengan Arab Saudi di sebelah selatan dan Irak di utara. Letak geografisnya berada di 29°22′N 47°58′E. Luas wilayah Kuwait adalah 17.818 km2.
Kantor Perwakilan Republik  Indonesia

Embassy of the Republic of Indonesia to Kuwait

Add: Rashid bin Ahmad Al Roumi Street, Block 1, Building No. 2, Daiya - Al Asimah
Phone: (965) 2253 1021  
Fax: (965) 2253 1021

Jam buka : 8.30 am – 4.30 pm
Email: kuwait.kbri@kemlu.go.id, unitkom@kbrikuwait.org
Web: www.kbrikuwait.org / kuwaitcity.kemlu.go.id


Kedutaan Besar Kuwait

Jl. Denpasar Raya Block A-XII No. 1

Kuningan Timur, Jakarta 12950

Phone: (021) 520-2477 / 520-2478 / 520-2479

Fax : (021) 520-4359 / 522-4931 / 526-5886

Email: kuwaitembassy_jkt@yahoo.com dan kuwait_jkt@yahoo.com

Iklim

Iklim di Kuwait adalah iklim padang pasir. Sepanjang tahun hampir tidak ada hujan. Suhu rata-rata tahunan di Kuwait City adalah 25.3 °C. Suhu dapat mencapai panas ekstrim 500C – 550C dan dapat mencapai dingin ekstrim 00C.

Hampir semua wilayah negara ini datar dan bergurun pasir dengan bukit-bukit kecil. Di sana-sini terdapat beberapa oasis. Curah hujan minim, sebagian besar jatuh antara bulan Oktober dan April. Iklim Kuwait adalah salah satu yang terpanas di dunia. Suhu sering mencapai titik 52 °C di musim panas. Selama musim dingin, suhunya jauh lebih dingin.
Mata Uang Dinar Kuwait (KWD) [KWD 1 = IDR  43.737] per 4 Mei 2017
Penduduk

Kepadatan penduduk200.2/km2. 2,788,534 juta jiwa (Kuwaiti 31.3%, other Arab 27.9%, Asian 37.8%, African 1.9%, other 1.1% (includes European, North American, South American, and Australian)

Secara tradisional, kurang dari setengah penduduk Kuwait adalah orang Kuwait sendiri. Sisanya adalah pekerja imigran dan keturunannya.

Imigran lainnya berasal dari berbagai bagian dari Timur Tengah dan Asia Selatan. Ribuan orang Eropa dan Amerika juga ada dan bekerja di perusahaan minyak. Kuwait sejak lama telah mengadopsi kebijakan yang tidak terlalu bergantung pada asing. Sebelum minyak booming, sebagian besar orang tinggal di kota-kota tua Kuwait, di rumah berdinding lumpur dan batu bata yang berada dalam gang-gang yang berkelok-kelok. Orang-orang di luar kota adalah badui nomaden, penggembala unta, kambing, dan domba.

Adat Istiadat dan Kebudayaan; do’s and don’ts
  • Bahasa Arab sebagai Lingua Franca di kawasan Timur-Tengah dengan dialek yang berbeda-beda di masing-masing negara, ditambah Bahasa Inggris dan Perancis sebagai bahasa kedua
  • Budaya yang popular di Kuwait  berbentuk puisi, film, theater, radio dan opera sabun. Di negara-negara Arab Teluk Persia, budaya Kuwait adalah yang paling dekat dengan budaya Bahrain. Di dunia Arab, Kuwait sering dijuluki sebagai “Hollywood Teluk” karena popularitas dari sinetron, televisi dan theaternya.
  • Lebih menekankan hubungan kekeluargaan dan informal
  • Menghargai kepercayaan daripada hal-hal yang bersifat prosedural
  • Temperamental.
  • Pada dasarnya lebih menyukai transaksi tunai dalam hubungan dagang
  • Lebih banyak mengkonsumsi daripada memproduksi
  • Lebih menyukai mempekerjakan orang daripada bekerja sendiri.
  • Di Kuwait ada budaya nongkrong yang dikenal dengan nama Diwaniyah atau Dewaniyah. Di Kuwait budaya ini dilakukan saat suasana mulai sejuk menuju dingin yaitu November hingga April. Bentuk Diwaniyah ini terdiri dari beberapa kursi saling berhadapan di dalam rumah atau pinggir jalan. Kadang juga dengan tenda yang didirikan ditengah gurun. Kebiasaan di perkotaan Diwaniyah dibangun di dalam gedung, di dalam hotel, di perkantoran.
  • Dalam budaya masyarakat Kuwait, Diwaniyah atau Dewaniyah ini menjadi inti budaya, sosial dan politik masyarakat sejak dulu kala. Inti utama diwaniyah adalah membangun komunikasi, keakraban, bertukar issue, dan permasalahan sehari hari. Persis seperti di Indonesia sebagai ajang sosialisasi masyarakat, baik kelas bawah di pos ronda atau gang sempit, maupun kelas atas di kafe-kafe mahal dan hotel berbintang.
Kondisi Keamanan Relatif Aman
Kondisi Ekonomi  

Tergolong negara makmur dengan GDP per kapita tahun 2014 US$ 70.700

Pertanian

Kuwait memiliki sedikit pertanian. Kebanyakan makanan harus diimpor. Beberapa petani mencari nafkah dengan menanam sayuran dan biji-bijian sereal, seperti gandum, di oasis. Dari ternak mereka, orang Badui memperoleh daging, susu, kulit, dan bulu kambing dan unta untuk membuat pakaian dan tenda mereka.

Minyak

Sejak penemuan minyak, ekonomi Kuwait telah bergantung pada industri tersebut. Pada tahun 1934, pemerintah Kuwait memberi hak untuk mengeksplorasi minyak di Kuwait pada perusahaan Anglo-Iranian Oil Company milik Inggris (British Petroleum Company) dan Gulf Oil Company milik Amerika. Kedua perusahaan itu membentuk Kuwait Oil Company. Pada tahun 1938, ladang minyak Burgan, terletak di sebelah selatan kota Kuwait, ditemukan. Tambang ini dianggap sebagai ladang minyak tunggal terkaya di dunia. Ladang lainnya segera ditemukan sejak saat itu. Kuwait Oil Company dinasionalisasi pada tahun 1975.

Cadangan minyak mentah Kuwait adalah salah satu yang terbesar di dunia. Pendapatan minyak meningkat pada kecepatan tinggi hingga pendapatan per kapita tahunan tumbuh dari 35 dolar sebelum Perang Dunia II hingga lebih dari 20.000 dolar sebelum invasi Irak tahun 1990. Kekayaan negara begitu besar hingga negara-negara Arab lainnya bergantung pada Kuwait sebagai sumber dana untuk pembangunan ekonomi mereka. Pemerintah juga telah menginvestasikan banyak pendapatan minyaknya di luar negeri.

Industri

Industri Kuwait didasarkan pada minyak, meliputi penyulingan minyak, pengolahan produk minyak, dan produksi gas alam. Manufaktur meliputi batu bata sand-lime bricks, beton, rumah prefabrikasi, dan makanan olahan. Pembuatan furnitur, perikanan, dan pembuatan kapal merupakan industri tradisional.

Kota-kota Penting

Kuwait City adalah kota terbesar, ibukota, dan pelabuhan utama Kuwait. Kota ini telah berubah secara dramatis dari sebuah desa nelayan berdinding lumpur dan pusat perdagangan mutiara. Kapal layar anggun yang disebut dhow sekali menghiasi perairan. Kini, Kuwait City memiliki jalan yang luas dan bangunan bertingkat tinggi. Kota ini adalah jantung komersial, keuangan, dan industri negara. Banyak orang Kuwait meninggalkan kota ini ketika Kuwait diserang Irak. Mereka yang tetap bertahan mengalami penderitaan di bawah pendudukan Irak.

Daerah perkotaan yang penting lainnya adalah Mena al Ahmadi, pelabuhan minyak; kota pelabuhan Shuwaykh; dan kota baru Ahmadi, dibangun oleh Kuwait Oil Company.

Sistem Transportasi
  • Transportasi umum di Kuwait tidak terlalu memadai hanya menggunakan bis, dan lebih didominasi oleh mobil pribadi.
  • Biaya hidup di Kuwait tergolong lumayan tinggi jika dibandingkan negara Indonesia apalagi saat ini nilai tukar Rupiah terhadap Kuwait Dinar cukup tinggi, tetapi sekali lagi bahwa biaya hidup di Kuwait sangat tergantung dengan bagaimana gaya hidup (life style). Harga bahan bakar mobil murah dan tidak ada pajak mobil.
  • Untuk transportasi di Kuwait, jika tidak memiliki kendaraan pribadi maka bisa menggunakan taxi atau bis umum.
Durasi Penerbangan dari Indonesia ke Negara Tujuan Penempatan serta Rute Penerbangan
  • Maskapai penerbangan yang saat ini dari Jakarta ke Kuwait adalah Etihad, Qatar Airways, Emirates dan Jet Airways. Bandara Udara di Kuwait diantaranya adalah Bandar Udara Internasional Kuwait, Ahmed Al Jabar Air Base dan Ali Al Salem Air Base.
  • Durasi penerbangan dari Jakarta ke Kuwait adalah kurang lebih 10 jam 50 menit
  • Perbedaan waktu antar Jakarta dan Kuwait adalah mundur 4 jam

 

B. Profil Ketenagakerjaan

Peluang Kerja bagi Tenaga Kerja Asing

Jenis Jabatan yang paling dibutuhkan  :

  • Perawat, physiotherapist (sektor kesehatan)
  • Supir bis (sektor transportasi)
  • Technician, Engineer dan Programmer (Sektor Perminyakan, Konstruksi, IT & Komunikasi dan Industri Manufaktur)
  • Waiter, chef, receptionist, housekeeping, bellboy, reservation (sektor hospitality).
Persyaratan Jabatan

Pada umumnya, persyaratan bekerja di Kuwait adalah harus mampu berbahasa Inggris (lebih disukai yang mampu berbahasa Inggris dan Arab), berpengalaman di bidangnya masing-masing.

Komite tingkat tinggi Pemerintah Kuwait mengusulkan 6 (enam) rekomendasi tentang pembatasan tenaga kerja asing:

  1. Mengurangi jumlah visa pekerja rumah tangga hingga 50 persen.
  2. Mengurangi 25 persen visa untuk perusahaan keamanan yang mendapatkan kontrak pemerintah.
  3. Adanya pembatasan masa kerja antara 10 sampai 20 tahun untuk kategori pekerjaan tertentu dan tidak memberikan hak kepada pekerja asing untuk kembali bekerja di Kuwait.
  4. Mengurangi jumlah visa tenaga kerja asing dengan menerapkan sistem pembaharuan visa tahunan.
  5. Meningkatkan denda pelanggaran residensi.
  6. Ketidakseimbangan struktur penduduk di Kuwait terletak pada kasus tenaga kerja domestik yang bekerja secara illegal.
  7. HETCO Heavy and Specialized Carrier Co. WLL Kuwait membutuhkan 98 (sembilan puluh delapan) orang TKI. Dengan rincian, 5 orang senior truck pusher, 5 orang junior truck pusher, 5 orang road runner, 3 orang pulling truck pusher, 20 orang rigger/labour/swamper, 10 orang crane operator, 5 orang wheel loader operator, 20 orang heavy driver, 10 orang mechanic, 10 orang electrician, dan 5 orang safety officer. Basic salary berkisar antara KD 110 sampai dengan KD 450, dengan memperoleh berbagai fasilitas diantaranya, housing allowance, transportation to & from work site, health insurance, annual leave, air ticket to & from home country, over time dan bonus/incentive.
Gaji dan Fasilitas
  • Untuk posisi direktur upah terendah terdapat di bidang hospitality/food/ tourism/catering sebesar KD 2500 dan upah tertinggi KD 5417 untuk kategori manajemen dan eksekutif.
  • Untuk posisi manager upah terendah sebesar KD400 untuk perusahaan jasa dan perdagangan sedangkan upah tertinggi sebesar KD 2.950 di sektor konstruksi.
  • Untuk posisi staf/operator terendah sebesar KD120 berdasarkan minimum yang ditetapkan KBRI.
  • Fasilitas yang diberikan tergantung dari kebijaksanaan masing-masing perusahaan, diantaranya free food, free akomodasi, free transport, free tiket setiap 2 (dua) tahun dan memperoleh asuransi kesehatan (sumber informasi dari Brafax Perwakilan RI di Kuwait).
Peraturan Ketenagakerjaan 

– Keberadaan peraturan TKA

Komite Tingkat Tinggi Kuwait mengusulkan 6 rekomendasi sebagai berikut: mengurangi jumlah visa pekerja rumah tangga hingga 50 persen; mengurangi 25 persen visa untuk perusahaan keamanan yang mendapatkan kontrak pemerintah; pembatasan masa kerja antara 10 sampai 20 tahun untuk kategori pekerjaan tertentu dan tidak memberikan hak untuk kembali bekerja di Kuwait; mengurangi jumlah visa tenaga kerja asing dengan menerapkan sistem pembaharuan visa tahunan; dan meningkatkan denda pelanggaran residensi.

– Tentang Sistem Visa Kuwait

  1. Pengurusan Visa Kuwait adalah yang terlama dibandingkan negara GCC lainnya.
  2. Pengurusan Visa Kuwait membutuh Calling Visa Asli dari Kuwait dan proses Calling Visa tersebut membutuhkan waktu     1 – 2 bulan sendiri
  3. Pengurusan Visa dilakukan di Kedutaan Kuwait di jakarta, selain calling visa juga dibutuhkan tambahan SKCK sebagai persyaratan pengurusan Visa

– Ketentuan Khusus

      Untuk tenaga kerja dengan posisi dan keahlian tertentu, umumnya untuk posisi insinyur, dokter, perawat, manager, dokumen berikut ini harus di terjemahkan dalam bahasa Arab dan dilegalisir di Kemenkumham, Kemlu dan Kedutaan Kuwait di Indonesia untuk dibawa ke Kuwait untuk pendaftaran lebih lanjut di Kuwait nantinya, yaitu :

  1. Ijasah Universitas
  2. Surat Tanda Registrasi (STR)

– Prosedur Penempatan

  • Penerbitan Letter of Offer (surat penawaran kerja) dari pengguna. Setelah lulus seleksi/ test/ wawancara dan diterima oleh pengguna, pengguna akan menerbitkan surat penawaran kerja (letter of Offer). Surat penawaran kerja adalah versi singkat dari kontrak kerja yang berisi informasi dasar penawaran kerja, meliputi gaji, jam kerja, fasilitas kerja (makan, akomodasi, transportasi, asuransi), perhitungan lembur, jenis pekerjaan, lama kontrak dan ketentuan cuti. Durasi waktu adalah 1-7 hari.
  • Pengiriman persyaratan calling visa. PPTKIS mengirimkan scan berwarna paspor melalui email untuk pengurusan calling visa. Durasi waktu adalah 1 hari.
  • Pengurusan calling visa. Pengguna mengurus calling visa di imigrasi Kuwait. Durasi waktu adalah 30-60 hari
  • Pengiriman calling visa. Calling visa asli harus dikirim ke Indonesia untuk diurus visa di Kedutaan Kuwait di Jakarta. Durasi waktu adalah 7-14 hari.
  • Pengurusan SKCK. Salah satu persyaratan pengurusan visa adlah SKCK. SKCK harus diterjemahkan dalam bahasa Arab, dan dilegalisir di Kemenkumham dan Kemlu. Catatan khusus: tanggal penerbitan SKCK tidak boleh mendahului tanggal penerbitan calling visa Kuwait . Biaya : + Rp. 100.000. Durasi waktu adalah 14-30 hari.
  • Pemeriksaan kesehatan GAMCA. Tenaga kerja melakukan pemeriksaan kesehatan di klinik yang ditunjuk oleh GAMCA. Khusus pemeriksaan di klinik GAMCA di wilayah Jakarta, tenaga kerja mendaftar dulu di kesekretariatan GAMCA di STIKES Binawan Jalan Kalibata untuk diberikan surat pengantar ke klinik GAMCA yang ditunjuk oleh kesekretariatan dalam rangka untuk menghindari monopoli oleh klinik tertentu. Biaya Rp. 1.000.000. Durasi waktu adalah 2-4 hari
  • Pengurusan visa. Dilakukan pengurusan visa di Kedutaan Kuwait di Jakarta, dengan melengkapi persyaratan paspor asli, calling visa asli dan hasil pemeriksaan kesehatan GAMCA asli, SKCK terjemahan Arab dan terlegalisir, foto 4 x 6 (4 lembar). Biaya visa : Rp. 550.000. Biaya legalisir SKCK Rp. 275.000. Durasi waktu 1-2 hari
  • Pengurusan eKTKLN. Pengurusan KTKLN di BP3TKI/P4TKI setempat dengan membawa persyaratan : visa, letter of offer / employment contract, paspor dan surat sehat dari Puskesmas. Durasi waktu adalah 1 hari
Peraturan Keimigrasian

Visa

  • Tentang Sistem Visa Kuwait
  1. Pengurusan Visa Kuwait adalah yang terlama dibandingkan negara GCC lainnya.
  2. Pengurusan Visa Kuwait membutuh Calling Visa Asli dari Kuwait dan proses Calling Visa tersebut membutuhkan waktu     1 – 2 bulan sendiri
  3. Pengurusan Visa dilakukan di Kedutaan Kuwait di jakarta, selain calling visa juga dibutuhkan tambahan SKCK sebagai persyaratan pengurusan Visa
  4. Pengiriman persyaratan calling visa. PPTKIS mengirimkan scan berwarna paspor melalui email untuk pengurusan calling visa. Durasi waktu adalah 1 hari.
  5. Pengurusan calling visa. Pengguna mengurus calling visa di imigrasi Kuwait . Durasi waktu adalah 30-60 hari
  6. Pengiriman calling visa. Calling visa asli harus dikirim ke Indonesia untuk diurus visa di Kedutaan Kuwait di Jakarta. Durasi waktu adalah 7-14 hari.
  7. Pengurusan visa. Dilakukan pengurusan visa di Kedutaan Kuwait di Jakarta, dengan melengkapi persyaratan paspor asli, calling visa asli dan hasil pemeriksaan kesehatan GAMCA asli, SKCK terjemahan Arab dan terlegalisir, foto 4 x 6 (4 lembar). Biaya visa : Rp. 550.000. Biaya legalisir SKCK Rp. 275.000. Durasi waktu 1-2 hari
Informasi pengguna di luar negeri

1. Dar Al Shifa Kuwait Hospital

Membutuhkan tenaga homecare dengan gaji kurang lebih KD 200 (kurang lebih pada saat ini Rp. 9 juta), free makanan, free akomodasi, free transport dan free tiket setiap 2 tahun. Persyaratan bersertifikat diploma dan mampu berbahasa Inggris.

2. City Group Company (CGC)

Membutuhkan bus driver untuk membawa bus penumpang untuk wisata, dengan klasifikasi gaji sebagai berikut :

  • Supir yang masih dalam   pelatihan, memperoleh gaji dasar 115 KD, uang laundry 2 KD dan total gaji 117 KD.
  • Supir yang telah mendapatkan SIM Kuwait, memperoleh gaji dasar 115 KD, uang laundry 2 KD, tunjangan kelulusan 15 KD, insentive 150 KD, total gaji 132 KD.
  • Supir yang bertugas setelah memperoleh SIM Kuwait atau setelah bertugas selam 6 bulan, memperoleh gaji dasar 115 KD, insentive diantara 80-150 KD.
  • Selain gaji, supir bis juga memperoleh fasilitas seperti akomodasi, transportasi ked an dari tempat kerja dan subsidi makan, yang disediakan di kantin.

3. Express Medical Service (EMS)

Membutuhkan nurse dan physiotherapist, dengan gaji pokok KD 180 (kini setara dengan Rp. 8.1 juta), free food, free akomodasi, free transport, free tiket setiap 2 tahun. Persyaratan bersertifikat D3 keperawatan, mampu berbahasa Inggris, masa berlaku paspor minimum 3 tahun, pengalaman bekerja 2 tahun dan bersedia menjalani masa percobaan 100 hari.

4. Mc Donalds, Safir Hotel & Residence, Ibis Hotel, JW Marriot Hotel, Crown Plaza Hotel, Holiday Inn, Jumeirah Hotel and Spa, Movenpick, Tariqh Alghanim Catering. Kesemuanya membutuhkan tenaga kerja, di bidang sales, waiter, chef, receptionist, housekeeping, bellboy, reservation, cook dan waiter, dengan gaji pokok untuk posisi terendah 120 KD (saat ini setara dengan Rp. 5.2 juta), free food, free akomodasi, free transport, free tiket setiap 2 tahun. Persyaratan harus menguasai Bahasa Inggris dan mempunyai pengalaman kerja.

Informasi Asosiasi Profesi dan Ikatan Asosiasi Profesi Indonesia di negara penempatan

Informasi Asosiasi Profesi di Indonesia

  1. Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI)
  2. Asosiasi Perawat Republik Indonesia (APRI)
  3. Ikatan Perawat Indonesia (IPI)
  4. Asosiasi Perawat Indonesia (API)
  5. Ikatan Sopir Seluruh Indonesia (ISSI)
  6. Persatuan Sopir Truk Indonesia (PSTI)
  7. Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI)
  8. Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI)
  9. Asosiasi Digital Creative Indonesia (ADITIF)
  10. Bali Hotel Association

Informasi Asosiasi Profesi di Kuwait

  1. Indonesian National Nurses Association in Kuwait (INNA-K)
  2. Emergency Medical Services Ministry of Health Kuwait (EMSIK)

 

Biaya Hidup

Biaya hidup di Kuwait tergantung dari gaya hidup masing masing individu. Untuk kebutuhan biaya makanan  sehari hari (makanan dan sayuran) di Kuwait untuk beberapa items memiliki perbedaan cukup jauh, tetapi untuk beberapa bagian justru harga di Kuwait lebih murah di bandingkan dengan di Indonesia.

Untuk biaya komunikasi, kebanyakan orang memilih untuk melakukan komunikasi dengan menggunakan Whatsapp atau sejenisnya karena lebih murah, dan pembayarannya hanya dengan bayaran internet bulanan bahkan bisa digunakan untuk melakukan komunikasi Internasional.

Jika anda tinggal bersama keluarga, maka biaya hidup di Kuwait akan cukup besar dikarenakan beberapa kebutuhan lain untuk keluarga dan anak misalnya pendidikan, perpanjangan visa tahunan untuk keluarga dan tiket cuti ke Indonesia yang harganya cukup tinggi.