|
home>news>berita:2/MALAYSIA>

Dimana mencari informasi peluang kerja Sarawak?

Dimana mencari informasi peluang kerja Sarawak?

Semakin banyak tenaga kerja Indonesia yang tertarik bekerja di Sarawak. Salah satu negara bagian Malaysia ini memang memberikan keistimewaan kepada Indonesia karena hanya menerima TKA asal Indonesia dan menstop TKA dari negara lain seperti misalnya Bangladesh.  Perusahaan-perusahaan yang diberi ijin mempekerjakan TKA juga lebih menyukai tenaga kerja asal Indonesia karena dianggap lebih berdedikasi, tidak banyak menuntut, ramah dan sopan.

Apa saja jenis-jenis pekerjaan yang dapat dimasuki oleh calon TKI di wilayah Sarawak. Banyak sekali jenis pekerjaan yang berasal dari berbagai bidang pekerjaan seperti welder  dan fitter untuk pertambangan ataupun galangan kapal, electrician, foreman serta perawat orang tua dan anak. Untuk level lebih tinggi, pekerjaan sebagai insinyur dan arsitek banyak ditemukan pada site-site pekerjaan konstruksi. Untuk anda yang memiliki latar pendidikan atau keahlian yang pas-pasan ada pula pekerjaan sebagai general workers di pabrik pengolahan kayu lapis atau sebagai pekerja kebun ataupun pekerja konstruksi.

Lalu dimana mendapatkan informasi pekerjaan di Sarawak? Jika anda memiliki akses internet, banyak portal job yang bisa anda kunjungi yang mengiklankan peluang kerja yang segera harus diisi. Perusaahaan-perusahaan besar/multinasional bahkan memiliki portal job sendiri. Anda dapat pula mengunjungi portal  jobsinfo.bnp2tki.go.id untuk melamar pekerjaan dengan berbagai skema penempatan. Portal ini dibangun oleh Pemerintah Indonesia untuk membantu pencari kerja mendapatkan informasi peluang kerja dari luar negeri. Kalau kebetulan anda sudah berada di Sarawak, anda dapat melihat informasnya di koran-koran setempat. (Sumber: KJRI Kuching)