|
home>news>

Berita Dari Perwakilan RI

Himbauan Kepada WNI di Bahrain

Sebagaimana dimaklumi bahwa tanggal 14 Februari 2011 merupakan hari dimulainya aksi unjuk rasa besar-besaran di Bahrain, menyusul merebaknya gelombang unjuk-rasa di kawasan Timur Tengah yang dikenal dengan "Arab Spring" pada tahun 2011. Sebagaimana terjadi pada tahun-tahun sebelumnya, dalam beberapa hari yang berdekatan dengan tanggal 14 Februari pihak-pihak anti pemerintah di Bahrain sering kali melakukan unjuk-rasa, yang tidak jarang kemungkinan berkembang mengganggu ketertiban umum.

Sehubungan dengan hal di atas tersebut, sebagai langkah antisipasi, KBRI Manama memandang penting untuk menyampaikan himbauan kepada segenap WNI yang berdomisili di Bahrain, sebagai benikut:

  1. Agar senantiasa waspada dan selalu memantau perkembangan situasi keamanan di wilayah tempat tinggal/bekerja masing-masing.
  2. Agar menghindani kerumunan massa dan daerah-daerah yang menjadi konsentrasi unjuk rasa.
  3. Tidak mendekati/menonton proses unjuk rasa yang dilakukan oleh pihak manapun dan meskipun dilakukan secara damai/tidak ada indikasi akan terjadi bentrokan.
  4. Apabia menemukan benda yang mencurigakan, jangan mencoba untuk mendekati, membuka, menyentuh secara langsung ataupun menggunakan alat bantu. Jika menemukan benda/situasi yang mencurigakan dapat segera menghubungi pihak kepolisian di nomor 999 atau dapat menyampaikan informasi melalui hotline Kepolisian Bahrain di nomor 80008008.
  5. Informasi terkini mengenai kondisi keamanan di Bahrain juga dapat di melalui akun twitter Kementerian Dalam Negeri Bahrain (Ministry of Interior) Bahrain:@moi_bahrain
  6. Mematuhi hukum yang berlaku dan instruksi/himbauan aparat keamanansetempat.
  7. Sekiranya terdapat hal yang perlu diketahui/dilaporkan, mohon dapat melakukan komunikasi dan koordinasi dengan KBRI Manama, dengan alamat:

Villa 2113, Road 2432, Bock 324, Area Juffair, Manama. Tlp. +973-17400164, Fax. +973-17400267, HP. +973-39737478, +973-39387510, +973-39131945, +973-39808474

email : indonesia.manama@batelco.com.bh dan manama.kbri@kemlu.go.id

(sumber : http://www.kemlu.go.id/id/berita/berita-perwakilan/Pages/Himbauan%20Kepada%20WNI%20di%20Bahrain.aspx )

Selengkapnya »

Lapangan pekerjaan yang dapat diisi oleh tenaga kerja asing di Bahrain bervariasi dan meliputi banyak sektor. Berdasarkan pengamatan KBRI Manama, berikut ini merupakan sektor-sektor unggulan yang dapat diisi oleh tenaga kerja asal Indonesia:

Sektor kesehatan

Bahrain berambisi menjadi negara dengan layanan kesehatan terbaik di kawasan teluk. Pemerintah Kerajaan Bahrain secara serius membangun infrastruktur kesehatan dan memberikan fasilitas kesehatan gratis kepada seluruh warga negaranya. Pertumbuhan penduduk yang tinggi, peningkatan jumlah manula, serta pola resiko kesehatan yang unik seperti diabetes, obesitas, dan anemia, merupakan tantangan yang dihadapi Pemerintah Kerajaan Bahrain dalam mewujudkan hal tersebut. Hal inilah yang membuka peluang penempatan TKI pada sektor kesehatan di Bahrain khususnya sebagai perawat, asisten perawat, dan caregivers.

Kriteria yang harus dipenuhi yaitu memiliki lisensi keperawatan dari otoritas kesehatan Bahrain, kemampuan berbahasa Inggris, berusia antara 25 – 40 tahun dan bersedia bekerja dengan kontrak selama 2 tahun. Hal yang patut dicermati adalah kisaran gaji yang relatif tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan gaji tenaga kesehatan di negara-negara maju lainnya.

Sektor konstruksi

Bahrain masih terus melakukan pembangunan berbagai infrastruktur dengan beragam skala proyek guna mengejar ketertinggalan dengan negara-negara kawasan teluk lainnya. Masih dijalankannya berbagai proyek pembangunan infrastruktur (gedung, jembatan, resort, dll) menawarkan peluang bagi insinyur dan profesional lainnya dari Indonesia untuk turut menggarap proyek-proyek tersebut. Sektor konstruksi juga memberikan peluang bagi profesional Indonesia yang memiliki keahlian di bidang yang terkait dengan kontrsuksi seperti arsitek, graphic designer dan interior designer.

Selain kemampuan berbahasa Inggris, kriteria yang harus dipenuhi yaitu memiliki pengalaman dan jam kerja yang cukup di bidang masing-masing, serta lulus seleksi administrasi dan wawancara oleh perusahaan pengguna.

Sektor hospitality Industry

Budaya dan masyarakat Bahrain yang lebih terbukan terhadap pendatang menjadi salah satu faktor pendorong banyaknya wisatawan yang datang ke Bahrain terutama dari negara-negara tetangga. Hal ini menjadikan sektor hospitality industry seperti hotel, spa dan restoran menjadi sektor yang diminati oleh pekerja asing.  Saat ini tidak sedikit TKI yang bekerja di berbagai hotel berbintang dan restoran di Bahrain dengan posisi dan jenis pekerjaan yang beragam seperti sekretaris, resepsionis, akuntan, chef, waiter, dll.

Kriteria yang harus dipenuhi utamanya adalah kemampuan berbahasa Inggris, berusia 20 – 40 tahun, berkepribadian menarik, serta pendidikan terakhir sesuai dengan posisi pekerjaan yang diisi.

Selengkapnya »