|
home>news>berita:44/AUSTRALIA>

Penuhi Kebutuhan Paspor, KJRI Sydney Hadir di Tengah Masyarakat

Sydney, Australia: Puluhan warga Indonesia berkumpul di Broadbeach Gold Coast untuk membuat dan memperbaharui paspor mereka pada Sabtu, 2 September 2017. Selain itu, warga juga mendapatkan juga pelayanan kekonsuleran berupa legalisasi dokumen, pembuatan surat kuasa dan pelaporan diri. Kegiatan ini dihadiri tidak hanya oleh warga di Gold Coast tetapi juga dari Brisbane dan Byron Bay yang berjarak 1,5 jam perjalanan darat. Sehari sebelumnya, pelayanan juga dilakukan di salah satu rumah warga, untuk mempercepat proses pembuatan Paspor RI.

Acara yang sekaligus dimanfaatkan warga untuk merayakan HUT RI dimeriahkan dengan lomba-lomba tradisional Indonesia dan hiburan lain serta bazaar makanan Indonesia.

Pelayanan ini merupakan keempat kali upaya jemput bola oleh KJRI Sydney sejak diterapkannya SIMKIM Paspor RI oleh seluruh Perwakilan RI di Australia pada Juni 2017 yang lalu. Dengan persiapan yang matang, dibantu panitia dari komunitas Indonesia di Gold Coast, pendataan kebutuhan pelayanan jauh sebelum pelaksanaan, sangat membantu kelancaran proses pelayanan kepada warga.

Kartu Masyarakat Indonesia di Luar Negeri (KMILN)

Dalam kesempatan tersebut, KJRI Sydney juga menjelaskan secara garis besar kepada warga mengenai peluncuran Kartu Masyarakat Indonesia di Luar Negeri (KMILN). Apa manfaatnya, siapa saja yang berhak, bagaimana prosesnya dan bagaimana cara mendapatkannya. Dijelaskan bahwa pada intinya KMILN merupakan bentuk pengakuan pemerintah RI kepada masyarakat Indonesia di luar negeri. Kartu ini merupakan tanda pengenal yang dapat digunakan WNI sebagai pengganti KTP. Sifat pengajuan adalah sukarela, tidak wajib dan gratis.

Kartu sudah dapat diajukan melalui https://iocs.kemlu.go.id

Link tanya jawab mengenai KMILN: https://www.facebook.com/diaspora.ri.1/posts/1131299387004214

Sydney, 3 September 2017
Fungsi Konsuler

KJRI Sydney

(Sumber : http://www.kemlu.go.id/id/berita/berita-perwakilan/Pages/Penuhi-Kebutuhan-Paspor-Bagi-Warga-Indonesia,-KJRI-Sydney-Hadir-Di-Tengah-Masyarakat-Indonesia-di-Gold-Coast.aspx )