|
home>news>berita:44/AUSTRALIA>

Perkuat Daya Saing TKI Sektor Pariwisata, Kepala BNP2TKI Kunjungi Evolution Hospitality Institute Australia

Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Nusron Wahid pada kunjungan kerjanya ke Australia mendatangi kampus lembaga pelatihan vokasi sektor pariwisata Evolution Hospitality Institute, di Sydney, Australia, Selasa (19/09/2017). Kepala BNP2TKI didampingi Duta Besar RI untuk Australia Kristiarto S. Legowo, Konsul Jenderal RI Sydney Yayan G. H. Mulyana, Kepala Indonesia Investment Promotion Center (IIPC), dan Pejabat Fungsi Ekonomi KJRI Sydney.

Dalam kunjungan ini, Delegasi RI diterima oleh CEO/Founder Mr. Stuart Page. "Kami menyambut baik peluang membangun jejaring dengan Pemerintah Indonesia, khususnya mengingat jumlah siswa Indonesia di kampus Evolution cukup banyak," ujarnya.

Dalam pertemuannya dengan pihak Evolution, Nusron membahas tentang kompetensi dan sertifikasi yang dibutuhkan oleh industri hospitality di Australia. Nusron juga menjajaki berbagai peluang kerja sama peningkatan keterampilan dan penempatan kerja TKI sektor pariwisata di Australia, baik di bidang tata boga (cooking) maupun tata graha (housekeeping).

"Kami ingin tingkatkan penempatan TKI sektor pariwisata ke Australia. Oleh karena itu, BNP2TKI terus menggenjot daya saing TKI sektor hospitality (pariwisata) agar dapat memenuhi kompetensi pasar kerja di Australia", Nusron menjelaskan.

Australia menjadi salah satu negara tujuan yang cukup menarik minat para pelajar Indonesia maupun TKI sektor pariwisata. Tercatat sekitar 200 siswa asal Indonesia sedang menempuh pelatihan di kampus Evolution; menempatkan Indonesia pada urutan ke-2 setelah Korea Selatan untuk jumlah siswa terbanyak di kampus tersebut. Nusron sempat bertatap muka dengan dua orang di antaranya, Nia dan Futri, yang sedang menjalankan on the job training di salah satu restoran milik Evolution.

"Kami mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan daya serap TKI, termasuk melalui peningkatan penempatan kerja ke Australia. Seluruh Perwakilan RI di Australia mendukung upaya networking seperti ini demi menjamin akses yang lebih baik bagi TKI kita di pasar kerja Australia", Dubes RI menjelaskan.

Konjen RI menambahkan, "KJRI akan memastikan hasil-hasil pertemuan dengan Evolution ditindaklanjuti".

Kepala BNP2TKI berkunjung ke Sydney pada 18-19 September 2017 dalam rangka meningkatkan akses bagi TKI sektor keperawatan dan pariwisata ke pasar kerja Australia.

 

20 September 2017

Fungsi Ekonomi KJRI Sydney

(Sumber : http://www.kemlu.go.id/sydney/id/berita-agenda/berita-perwakilan/Pages/Perkuat-Daya-Saing-TKI-Sektor-Pariwisata,-Kepala-BNP2TKI-Kunjungi-Evolution-Hospitality-Institute-Australia-.aspx )