|
home>news>berita:77/SOUTH AFRICA>

KJRI Cape Town Selenggarakan Sosialisasi KMILN

Setelah Pada hari Sabtu, tanggal 25 November 2017 lalu, KJRI Cape Town telah menyelenggarakan acara sosialisasi Kartu Masyarakat Indonesia di Luar Negeri (KMILN). Kegiatan yang dilangsungkan di aula KJRI Cape Town tersebut telah dihadiri oleh sekitar 50 orang peserta yang terdiri atas WNI, WNA yang merupakan pasangan dan anak para WNI, serta keluarga besar KJRI Cape Town.

Dalam pemaparannya, Konsul Jenderal Krishna A. Poetranto menyampaikan antara lain mengenai pentingnya KMILN, selain sebagai tanda pengenal bagi WNI dan masyarakat Indonesia di luar negeri, juga untuk memetakan dan memberdayakan potensi masyarakat Indonesia di luar negeri untuk memajukan Indonesia. Kartu yang berlaku selama dua tahun ini diberikan kepada empat kalangan, yaitu (i) WNI yang telah berdomisili di luar negeri selama minimal dua tahun, (ii) WNA mantan WNI, (iii) WNA anak mantan WNI, serta (iv)WNA yang salah satu atau kedua orangtuanya adalah WNI.

Konjen Krishna juga menjelaskan mengenai berbagai kemudahan yang akan diperoleh oleh para pemegang KMILN, yang mana akan semakin membuka kesempatan seiring dengan telah ditetapkannya Peraturan Presiden No. 76 Tahun 2017 tentang Fasilitas bagi Masyarakat Indonesia di Luar Negeri, yang secara bertahap akan diikuti oleh peraturan-peraturan lain dari berbagai kementerian dan lembaga untuk memberikan berbagai keuntungan bagi pemegang KMILN. Selain itu, turut dijelaskan persyaratan yang dibutuhkan dalam mengajukan permohonan untuk mendapatkan KMILN, yang diikuti dengan simulasi pengajuan permohonan serta sesi tanya-jawab.

Permohonan untuk mendapatkan KMILN harus diajukan secara online di laman iocs.kemlu.go.id. Kartu ini tidak memiliki bentuk fisik, melainkan berupa tanda pengenal virtual yang dapat ditunjukkan kepada petugas berwenang di Indonesia lewat layar telepon seluler. Pengajuan KMILN sendiri bersifat sukarela dan tidak diwajibkan.

(Sumber : https://www.kemlu.go.id/capetown/id/berita-agenda/berita-perwakilan/Pages/KJRI-Cape-Town-Selenggarakan-Sosialisasi-KMILN.aspx )